Batik Tongmar Kayong Utara Raih Juara Favorit Lomba Cipta Motif Kain Khas Kalbar 2021 dalam perlombaan yang digelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat

"Alhamdulillah saya masuk 14 besar dengan Motif Kantong Semar yang saya bawa. Batik Kantong Semar saya beri nama Batik Tongmar terinspirasi dari Kekayaan Flora di Taman Nasional Gunung Palong,"kata desainer yang masuk finalis   Herry Purwanto.

Baca juga: Batu Permata Kalbar Diburu Pengunjung Pameran Dagang

Kegiatan yang Mengusung Tema "Flora Kalbar Mendunia"  itu di gelar oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat dan diikuti  oleh perwakilan kabupaten/ kota di provinsi khatulistiwa  tersebut.

"Seluruh finalis diuji melukis dihadapan Juri dan Panitia serta mempresentasikan karya tersebut,"kata dia.

Herry menjelaskan  bahwa batik  kantong semar yang ia buat tersebut terpilih sebagai Juara Favorit karena dinilai juri ada keunikan dan  memiliki makna yang tinggi bagi Kalimantan Barat.

 "Terutama bentuk dan  mungkin ada yang unik, khas atau filosofi yang saya padu padankan dengan ukiran-ukiran etnik yang ada di Kalbar,"tambahnya.

Baca juga: Kalbar Tampilkan Batik Khas Daerah pada Hari Keluarga

Menurutnya diberi kesempatan  masuk dalam finalis  ajang bergengsi tingkat provinsi tersebut merupakan suatu kehormatan dan kebanggan tersendiri  baginya.

"Mewakili atas nama pribadi dan atas nama Kabupaten Kayong Utara, hingga meraih juara favorit adalah kebanggaan. Saya berharap ini adalah awal, harus makin banyak belajar lagi tentang motif daerah, karena masih banyak potensi Kayong Utara yang belum kita angkat sebagai batik daerah,"harapnya.


Herry juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua Dekranasda beserta anggotanya yang telah memberikan dukungan kepada dirinya
 "Saya mohon maaf belum bisa memberikan yang lebih baik"kata dia  saat dihubungi via WA usai penerimaan hadiah.

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021