Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengatakan, pihaknya mengerahkan 2/3 anggota Polres Singkawang untuk mengamankan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di kota itu.

"Pengamanan Natal dan Tahun Baru ini kita lakukan melalui Operasi Lilin Kapuas tahun 2021 tentang Pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Kita tidak boleh lengah dan abai dalam pelaksanaan pengamanan, ada perlakuan khusus dalam pelaksanaan ibadah Natal dan malam pergantian Tahun Baru di masa pandemi COVID-19 sekarang ini," kata Prasetiyo di Singkawang, Rabu.

Baca juga: Kapolres minta masyarakat patuhi protokol kesehatan saat perayaan Natal

Pada prinsipnya, kata dia, keamanan di Kota Singkawang bukan hanya menjadi tugas TNI/Polri, akan tetapi merupakan tugas bersama dan seluruh elemen masyarakat. 

"Untuk itu kami nanti akan menyurati instansi terkait dalam dukungan backup anggota dalam bidang tugasnya masing-masing," tuturnya.

Dia berharap, rakor yang digelar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga pengamanan pelaksanaan ibadah Natal 2021 dan pergantian Tahun  Baru 2022 dapat berjalan dengan aman dan lancar. 

Baca juga: Tim gabungan periksa kendaraan jelang Natal di Kota Singkawang

Polres Singkawang, katanya, akan mendirikan sebanyak 4 Pos Pengamanan dan 2 Pos Pelayanan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. 

Sementara titik Gereja yang akan dilakukan pengamanan yakni pengamanan secara statis 44 Gereja dan pengamanan secara mobile 67 Gereja. 

Untuk pengamanan di objek wisata yang telah dilakukan pemetaan adalah Bajau, Palm Beach, Taman Cinta dan Pantai Gratis. 

Baca juga: Pemkot Singkawang meriahkan Natal dan Tahun Baru dengan menghias kota

Kemudian, Teratai, Water Front, Rindu Alam, Baougenvile dan Taman Mangrove. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan Rekayasa arus lalu lintas di beberapa ruas jalan untuk mengurai kemacetan.

"Dalam pengamanan kita akan melibatkan 2/3 kekuatan anggota Polres Singkawang dan Polsek jajaran," katanya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Singkawang, Sumastro berharap, menjelang Natal dan Tahun Baru semua tetap fokus dan tidak lengah dalam memastikan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan yang ada. 

"Tetap dalam konteks menjaga/mengendalikan penyebaran COVID-19 di Kota Singkawang," katanya. 

Pemerintah Kota Singkawang, katanya, siap bersinergi bersama TNI dan Polri dalam pengamanan Natal 2021 dan Tahun baru 2022.

Baca juga: Polsek Singkawang Selatan ajak pengendara istirahat di pos pengamanan Bundaran Sakok

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021