Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat memfokuskan pembangunan infrastruktur jalan poros antar kecamatan yang menghubungkan Kecamatan Teluk Pakedai dan kecamatan sekitarnya.

"Ini kita lakukan melalui penyusunan rencana pembangunan terencana, yang memiliki prinsip berdampak langsung ke masyarakat dan tidak mubazir. Jangan sampai Pemkab Kubu Raya dalam menganggarkan sesuatu itu tidak ada dampaknya ke masyarakat dan hanya membuang-buang," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Senin.

Baca juga: Komisi III DPRD Kubu Raya dorong anggaran pembangunan jalan poros

Menurutnya, Pemkab Kubu Raya akan memprioritaskan jalan poros antar kecamatan dan mengoptimalkan sektor pertanian di di Kecamatan Teluk Pakedai. 

Hal tersebut diperkuat oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedda Litbang) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Amini Maros yang mengatakan, pada pembahasan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2023 di Kecamatan Teluk Pakedai, pihaknya akan memfokuskan pembangunan infrastruktur antar kecamatan dan mengoptimalkan sektor pertanian untuk pemulihan ekonomi.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya fokus pembangunan infrastruktur jalan poros desa

"Sektor pertanian dalam arti luas, karena kalau kita lihat potensi yang ada di Kecamatan Teluk Pakedai ini tidak jauh berbeda dengan Kecamatan Terentang, yang mana sektor pertanian menjadi sektor yang paling dominan digeluti masyarakat, baik itu tanaman pangan maupun hortikultura," katanya.

Amini Maros menuturkan, selain itu tahun depan Pemkab Kubu Raya juga akan meningkatkan produk olahan dari ibu-ibu di kecamatan ini, karena sampai saat ini sudah banyak hasil olahan dan kerajinan tangan yang diciptakan ibu-ibu di Teluk Pakedai ini.

Baca juga: Pemkab Fokuskan Pembangunan 12 Titik Jalan Poros

"Memang, pembangunan infrastruktur tetap menjadi atensi kita untuk tahun 2023 mendatang, yang mana sesuai dengan rencana pak bupati Muda Mahendrawan, tahun depan kita akan membangun jalan poros antar kecamatan yang menghubungkan di kecamatan Teluk Pakedai ini diantaranya Kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Rasau Jaya," katanya.

Maros menyampaikan, sektor perikanan juga menjadi fokus kita di Kecamatan Teluk Pakedai, mengingat kecamatan ini merupakan satu diantara empat kecamatan yang berada di wilayah pesisir Kubu Raya .Tentunya banyak sekali potensi laut maupun sungai yang dapat lebih dikembangkan lagi kedepannya, seperti ikan, kepiting, udang, kerang dan lain sebagainya.

"Pemerintah daerah akan berusaha mengakomodir semua usulan desa yang disampaikan melalui agenda Musrenbang kecamatan. Namun diprioritaskan pembangunan yang sifatnya memiliki mendesak," kata Maros.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022