Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), Kalimantan Barat yang bekerjas ama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Borneo Raya Khatulistiwa memberangkatkan 15 alumni perguruan tinggi negeri di daerah perbatasan tersebut untuk mengikuti program magang atau internship di Jepang.

"Bersyukur bisa memberangkatkan alumni dalam rangka program magang di beberapa perusahaan di Jepang. Ini berkat kerjasama dengan LPK Borneo Raya Khatulistiwa," ujarnya Direktur Poltesa, Yuliansyah saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Baca juga: Politeknik Negeri Sambas kirim 10 mahasiswa ke Jepang

Ia menjelaskan bahwa dengan kerja sama yang ada dan alumni bisa magang di luar negeri menjadi suatu kebanggaan baik bagi alumninya maupun kampus itu sendiri.

"Poltesa sangat bangga dan mengapresiasi kerjasama ini. Sehingga alumni dan mahasiswa Poltesa dapat menuntut ilmu di Jepang lewat program magang atau internship ini. Setidaknya ini bisa menjadi pembelajaran bagi alumni kami tentang budaya kerja Jepang yang terkenal ulet dan disiplin," kata dia.

Sementara itu, satu di antara peserta magang alumni Poltesa, Vera Irna yang dulunya alumni Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata menyampaikan rasa haru dan bahagianya karena penantian selama dua tahun dapat terealisasi.

Baca juga: 700 santri seleksi magang ke Jepang

"Rasa haru dan bahagia karena sejak lama memimpikan untuk berangkat ke Jepang namun akibat terkendala Pandemi COVID- 19. Sempat hampir putus asa untuk mencari kerja di Indonesia. Tapi Alhamdulillah bisa berangkat ke Jepang," katanya.

Ia berharap dapat membawa nama baik Poltesa dan mengenalkan Sambas di Jepang.

"Mohon doanya semoga dapat bekerja dengan baik sehingga junior di kampus juga masih dapat merasakan program magang dan internship di Jepang," ucapnya.

Dari 15 alumni Poltesa ini mengikuti beberapa program magang di antaranya program magang 3 tahun bidang perhotelan sebanyak lima orang, bidang pertanian sebanyak dua orang, bidang makanan sap saji satu orang, program magang 1 tahun program budidaya rumput laut empat orang dan program internship perhotelan selama 4 bulan tiga orang.

Baca juga: Magang Kerja di Jepang Digaji Mulai Rp 8,2 Juta
Baca juga: Kemnakertrans Targetkan 2.500 Peserta Magang ke Jepang

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022