Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Nurmarini mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kerjasama dengan Disdukcapil Pontianak untuk mempercepat pengurusan perpindahan warga dan Adminduk masyarakat Perumnas IV.

"Secara keseluruhan, ada sekitar 4.000 lebih warga Perumnas V lainnya, yang akan pindah ke Kubu Raya, di mana sebelumnya mereka ini memiliki adminduk Kota Pontianak," kata Normarini di Sungai Raya, Rabu.

Baca juga: Dukcapil Kubu Raya jadi pelopor pemanfaatan KIA di Kalimantan Barat
Baca juga: Pemkot Pontianak luncurkan mesin ADM memudahkan masyarakat cetak adminduk
Baca juga: Layanan Adminduk Kabupaten Landak terkendala ketersediaan blanko e-KTP

Dia menjelaskan, kerjasama dengan Dinas dukcapil Kota Pontianak tersebut dilakukan agar Disdukcapil Kota Pontianak bisa mengeluarkan surat keterangan pindah warga, kemudian Disdukcapil Kubu Raya akan menerbitkan KK dan KTP masyarakat sebagai penduduk Kubu Raya.

"Kerjasama ini akan kita lakukan sampai masyarakat di Perumnas IV benar-benar sudah bermigrasi semua ke Kubu Raya," tuturnya.

Untuk itu, pihaknya siap memfasilitasi warga di Perumas IV Desa Ampera Raya Kecamatan Sungai Ambawang yang memiliki KTP Kota Pontianak dan belum memiliki administrasi kependudukan (Adminduk) Kubu Raya.

Baca juga: Disdukcapil Pontianak sediakan mesin ADM cetak dokumen masyarakat
Baca juga: Pemohon adminduk secara online di Kapuas Hulu capai 13.728 orang

"Ini sejalan dengan upaya kita melaksanakan ketentuan tentang perpindahan penduduk dari Kota Pontianak ke Kabupaten Kubu Raya khususnya bagi warga Perumas IV. Sebelumnya sudah dilakukan pertemuan dengan Camat Ambawang dan Kepala Desa Ampera Raya untuk membuka ruang, waktu dan tempat untuk kepengurusan dokumen Adminduk secara kolektif," tuturnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ada penduduk yang melakukan pengurusan dokumen Adminduk ini secara perseorangan melalui jalur yang ada di Disdukcapil Kubu Raya, baik melalui daring, loket terintegrasi maupun melalui kecamatan dan seterusnya, ujarnya.

Baca juga: Kemendagri gelar pembinaan administrasi kependudukan di Sambas
Baca juga: "Budak Siantan" kemudahan layanan adminduk di Pontianak Utara
Baca juga: Peluncuran layanan E-KTP di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak
 

Kubu Raya dukung pembangunan ekonomi inklusif dan berkeadilan

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022