Sebanyak 212 orang calon kepala desa (Kades) di 74 desa dari 20 kecamatan wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat mengucapkan deklarasi Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang akan diselenggarakan pada 23 Juli 2022 wilayah setempat.

"Saya minta para calon kades berkomitmen untuk mewujudkan Pilkades serentak yang damai, aman lancar dan tertib," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, saat menghadiri deklarasi Pilkades Damai, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Baca juga: Cek kesehatan jamaah haji saat tiba di Batam
Baca juga: Bupati Kapuas Hulu siap kembangkan potensi kelapa sawit

Disampaikan Wahyudi, Pilkades serentak di Kapuas Hulu merupakan pesta rakyat untuk memilih pemimpin di desa.

Kepala desa yang terpilih merupakan calon kepala desa yang memiliki suara terbanyak yang dipilih langsung oleh masyarakat.

Baca juga: Imigrasi: Pintu batas RI-Malaysia di Badau sudah layak dibuka kembali
Baca juga: Kapuas Hulu raih peringkat ke-II terbaik penanganan stunting di Kalbar

Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat cerdas dalam memilih calon kepala desa, yang dapat membangun dan memajukan desa tersebut.

"Kalah menang itu soal biasa, jangan sampai gara-gara Pilkades membuat retak hubungan keluarga, tetangga dan saudara, pilih pemimpin sesuai hati nurani," ujarnya.

Selain itu, Wahyudi pun mengingatkan bagi calon kades yang tidak terpilih dapat mendukung calon kades terpilih, bersama-sama membangun desa.

Baca juga: Bupati Kapuas Hulu menelpon Menhub terkait penerbangan Putussibau-Pontianak
Baca juga: Kejari Kapuas Hulu berikan penyuluhan hukum di kalangan pelajar
Baca juga: Pengkab PBVSI Kapuas Hulu seleksi atlet voli junior untuk Kejurda Kalbar

Selain itu, bagi calon kades yang terpilih dapat menjalankan tugas yang diemban sebagai amanah masyarakat dan dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu Rupinus menjelaskan pelaksanaan Pilkada serentak diselenggarakan pada Sabtu (23/7/2022) dimulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Dia menjelaskan dari 278 desa ada 74 desa di Kapuas Hulu yang melaksanakan Pilkades serentak, dengan jumlah calon kades sebanyak 212 orang dan 11 diantaranya merupakan perempuan.

Baca juga: Koperasi kredit diharapkan bantu entaskan kemiskinan

"Harapan kita pelaksanaan Pilkades dapat berjalan lancar aman dan damai, sesuai komitmen para calon kepala desa yang telah mengucapkan deklarasi Pilkades Damai.

Pelaksanaan deklarasi Pilkades Damai Kapuas Hulu itu diikuti seluruh calon kepala desa yang dilaksanakan secara virtual dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu dan Ketua DPRD Kapuas Hulu.



 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022