Bupati Sambas, Kalimantan Barat Satono menilai bahwa peran bidan sangatlah strategis dalam membantu pemerintah mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan untuk itu atas pengabdian selama ini sangat diapresiasi.

"Peran para bidan sangat penting dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan SDM di Kabupaten Sambas yang unggul. Nah, di momen HUT ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ini kami ucapkan terima kasih dan terus berperan," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Baca juga: Bidan punya peran dalam penurunan angka stunting
Baca juga: Bidan Sintang cek kesehatan balita gratis cegah generasi stunting
Baca juga: Bidan di Sikka perjuangkan keselamatan pasien

Ia menjelaskan bahwa sebagai tenaga medis, bidan juga punya peran penting dalam menolong persalinan dan mempertahankan kesehatan ibu dan anak.

"Tentu soal keselamatan ibu dan anak saat persalinan dan bahwa dari usia kandungan, bidan selalu hadir. Masyarakat juga diharapkan terus bersama bidan dalam menjaga kandungan hingga lahir dengan selamat. Peran itu terus kita dorong dan maksimalkan," ucap dia.

Baca juga: New SIGA merupakan aplikasi laporan online bagi para bidan
Baca juga: Seorang bidan disiram air panas gara-gara tegur tetangga gelar karaoke
Baca juga: BKKBN gandeng 50 ribu bidan untuk vaksinasi COVID-19 berbasis keluarga

Saat ini kata Bupati Satono, masalah yang dihadapi oleh Kabupaten Sambas adalah kurang gizi atau stunting dan momentum peringatan HUT IBI ini dijadikan refleksi penguatan kembali peran bidan sebagai ujung tombak pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

"Stunting di Kabupaten Sambas masih menjadi masalah yang harus diselesaikan bersama. Saya harap momen ini menjadi penguatan kembali bagaimana peran para bidan sebagai ujung tombak penanganan stunting. Bidan dapat memonitor langsung kesehatan ibu dan anak dalam praktek kerjanya sehari-hari," kata dia.

Baca juga: Bidan Eva harumkan nama Sintang di tingkat Nasional
Baca juga: Apakah tugas bidan semata untuk membantu persalinan?
Baca juga: Benarkah bidan bawahan dokter?

Bupati Sambas, Satono didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar, membuka seremonial peringatan HUT Ke-71 IBI Cabang Kabupaten Sambas di Aula Kantor Bupati Sambas yang
mengangkat tema "Perjalanan Panjang Profesi Bidan, Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju."

Baca juga: Bidan praktek mandiri di Sintang butuh APD untuk melayani persalinan warga
Baca juga: BKKBN Kalbar berikan bantuan ribuan APD pada Ikatan Bidan Indonesia
Baca juga: Bupati Muda minta bidan lakukan inovasi dalam pelayanan bersalin

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022