PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui Integrated Terminal (IT) Pontianak kembali antarkan UMKM kebanggaan dalam negeri meraih penghargaan di perlombaan tingkat nasional. Kali ini melalui ajang Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang di gelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, dimana Kurniati Songket atau dikenal dengan Songket Mak Cik berhasil menjadi salah satu pemenangnya.

AKI 2022 sendiri merupakan salah satu kompetisi yang diselenggarakan pemerintah, sekaligus menjadi ajang pengembangan UMKM baik dari bidang kriya, kuliner, fashion, musik, film, dan bahkan teknologi. Tercatat 6.239 UMKM dari berbagai bidang berkompetisi di ajang AKI 2022. Setelah melewati berbagai tahapan dimulai dari proses seleksi hingga presentasi akhir didepan dewan juri, Songket Mak Cik berhasil menjadi salah satu dari 22 pemenang AKI 2022.

Keberhasilan Songket Mak Cik membawa Pontianak menjadi kota ke sembilan yang dipilih untuk penyelenggaraan pameran UMKM dari Kamenparekraf. Berlangsung pada Jumat (29/7) hingga Minggu (31/7) lalu, puncak acara AKI 2022 di Kota Pontianak ini turut dihadiri oleh Menteri Kamenparekraf, Sandiaga Uno yang sekaligus berperan sebagai Super Mentor dalam AKI 2022 dan juga Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Sutarmiji.

Dalam kunjungannya ke stand Songket Mak Cik, Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya atas program UMKM yang ada di Kota Pontianak. “Semoga program ini mampu menjadi batu loncatan dalam perluasan jangkauan UMKM dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Sandiaga.

Kurniati selaku pemilik dari usaha Songket Mak Cik menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pertamina. “Dalam setiap tahapan AKI, saya selalu intens berkomunikasi dan mendapat bimbingan dari Pertamina, sehingga dapat mempersiapkan dan melaksanakan tugas sebagai wakil dari Kota Pontianak,” ujar Kurniati.

Imran Jamil, selaku IT Manager Pontianak menyatakan komitmenya dalam menjalankan program TJSL yang berkelanjutan bagi masyarakat, utamanya disekitar ring I lokasi operasional. “Songket Mak Cik menjadi salah satu dari beberapa program Kampung Wisata Tenun Khatulistiwa (Kawistha) yang berlokasi di Kelurahan Siantan Hilir, Pontianak Utara. Program Kawistha. Program sudah berjalan tiga tahun dan akan terus kami kembangkan,” ujarnya.

Pewarta: Rilis

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022