Bupati Sekadau Kalimantan Barat Aron mengingatkan agar petugas yang melaksanakan Operasi Zebra Kapuas Tahun 2022 di daerah tersebut melaksanakan tugas dengan humanis.

"Kepada para petugas operasi zebra saya minta tegas tapi humanis kepada masyarakat," kata Aron, di Sekadau Kalimantan Barat, Senin.

Selain itu, dia juga mengimbau agar masyarakat di Sekadau mendukung dan mensukseskan pelaksanaan operasi zebra terutama pengendara agar mematuhi dan mentaati aturan berlalu lintas.

"Itu semua bertujuan untuk keselamatan masyarakat pengendara, makanya taati aturan berlalu lintas," katanya.

Baca juga: Masyarakat Melawi diimbau patuhi aturan saat operasi Zebra Kapuas

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menegaskan kepada seluruh jajarannya untuk bertindak secara profesional, proporsional, tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kecelakaan serta berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

Dia berpesan agar petugas melakukan deteksi dini dan pemetaan lokasi rawan macet, pembinaan dan penyuluhan.

Kemudian, bangun kesadaran akan disiplin berlalu lintas, laksanakan penegakan hukum dan teguran serta lakukan counter opini terhadap berita hoaks di medsos, online maupun media mainstream terkait operasi.

Baca juga: Polisi Jateng sudah tidak lagi melakukan razia lalu lintas di jalan

"Mantapkan kerjasama, sinergitas dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan operasi," ujarnya.

Dijelaskan dia, Operasi Zebra Kapuas Tahun 2022 dilaksanakan pada 3 hingga 16 Oktober 2022, dengan tujuan untuk cipta kondisi menjelang Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, mengurangi pelanggaran, kecelakaan, angka fatalitas serta meningkatkan disiplin berlalu lintas dengan sasaran meliputi ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan pelanggaran baik sebelum, pada saat dan pasca operasi.

Baca juga: Kedepankan edukasi pada Operasi Zebra Kapuas
Baca juga: Kapolres Kapuas Hulu imbau pengendara bermotor patuhi aturan berlalu lintas
Baca juga: Polres Singkawang gelar Operasi Zebra Kapuas dengan mengedepankan edukasi

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022