Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak orang tua yang memiliki balita untuk gencar memberikan konsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan protein dan mencegah stunting.

"Sekarang ini kita harus benar-benar serius menjaga kesehatan, makanan harus yang bergizi. Nah, Kecamatan Sungai Kakap ini gudangnya ikan, karena itu harus bebas stunting dengan mengonsumsi ikan yang banyak," kata dia saat menghadiri kegiatan Gebyar PAUD Kecamatan Sungai Kakap di Aula Serbaguna Kecamatan Sungai Kakap, Kamis.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat fokus pada upaya pencegahan dan penanganan stunting.

Oleh karena itu, katanya, acara Gebyar PAUD menjadi bagian yang strategis untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan.

"Ini biar nanti semua anak-anak kita lebih semangat dan tumbuh sehat serta cerdas," tuturnya.

Oleh karena itu, Bupati Muda mengajak seluruh orang tua untuk memperkenalkan konsumsi ikan kepada anak-anak sejak usia dini.

Dengan sinergi bersama seluruh rumah tangga, diharapkan stunting yang menjadi persoalan bersama dapat segera diatasi.

"Kita 'kepung bakul', sama-sama, supaya tidak ada yang stunting karena gizi kurang sekaligus tidak ada yang tidak terdidik," kata dia.

Ia menyatakan akan terus memasifkan gerakan makan ikan demi mengejar nihil stunting, termasuk nihil angka kematian ibu dan kematian bayi di Kubu Raya.

"Kita semua punya iktikad yang kuat untuk benar-benar mencapai nihil stunting. Jadi ini betul-betul kita sampaikan terus untuk gerakan konsumsi ikan ini," katanya.

Baca juga: Muda ajak guru terus berinovasi dan bertransformasi

Baca juga: Tokoh muda nasional asal Sambas apresiasi Bubur Paddas KMKS 2022

Baca juga: Bupati Muda ajak masyarakat Kubu Raya lestarikan potensi kelautan perikanan

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022