Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani menggelar pengobatan gratis dan memberikan bantuan bagi warga tidak mampu di daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Pengobatan gratis itu wujud kepedulian kami untuk meringankan beban masyarakat perbatasan di bidang kesehatan, semoga bermanfaat bagi masyarakat," kata Dansatgas Pamtas Yonarmed 19/Trk Bogani Letkol Arm Edi Julian Budiargo kepada ANTARA, di Badau Kapuas Hulu, Jumat.

Edi mengatakan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis dilaksanakan di Desa Pulau Majang, Kecamatan Badau yang merupakan perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Selain pengobatan gratis, Yonarmed 19/Trk Bogani memberikan bantuan berupa sarana olahraga bagi masyarakat, pakaian layak pakai, Alquran, dan alat tulis pelajar daerah tersebut.

Menurutnya, pengobatan gratis masyarakat dilakukan Prajurit Yonarmed Trk Bogani bidang kesehatan.

Adapun penyakit yang banyak diderita warga adalah penyakit hipertensi, diabetes melitus, penyakit kulit, dan berbagai penyakit ringan lain.

"Penyakit itu ada karena seringnya mengonsumsi makanan tinggi garam serta minuman mengandung kafein, akibat pola hidup yang kurang sehat, dan kurang bersihnya air yang digunakan warga untuk keperluan mandi sehari-hari," kata Edi.

Dia berharap melalui kegiatan bakti sosial itu dapat meningkatkan rasa kekeluargaan Satgas Pamtas Yonarmed Trk Bogani dengan masyarakat.
 
Prajurit Yonarmed Trk Bogani melaksanakan bakti sosial pengobatan gratis dan memberikan bantuan kepada warga Desa Pulau Majang perbatasan Indonesia dan Malaysia, Kecamatan Badau wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Penerangan Yonarmed 19/105 Trk Bogani. (Teofilusianto Timotius)


"Semoga apa yang kami lakukan itu bermanfaat bagi masyarakat serta terjalin rasa kekeluargaan antara prajurit dan masyarakat," ucapnya.

Kepala Desa Pulau Majang Musmulyadi mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonarmed 19 Bogani atas perhatian dan kepedulian memberikan pelayanan kesehatan gratis, memberikan baju layak pakai, dan kebutuhan lainnya yang dapat berguna bagi warga Pulau Majang.

“Saya mewakili masyarakat Pulau Majang mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kepedulian TNI Satgas Yonarmed 19 Bogani.

Dia berharap melalui kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kesadaran warga tentang pola hidup sehat dan bantuan yang dibagikan semoga dapat berguna serta bermanfaat bagi masyarakat," kata Mulyadi.

Baca juga: Polda Kalbar gelar pengobatan gratis bagi warga tidak mampu

Baca juga: CMI gandeng Puskesmas gelar pengobatan gratis bagi masyarakat Air Upas

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022