Pengurus PGRI Kecamatan Sungai Raya berkomitmen meningkatkan peran guru dalam memaksimalkan pendidikan di Kubu Raya melalui sejumlah program kerja yang disusun dalam Konferensi Kerja Cabang (Konfercab) yang digelar Pengurus Cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PC) PGRI Kecamatan Sungai Raya.

"Konfercab ini merupakan satu diantara agenda yang harus dilakukan yang bertujuan untuk mengevaluasi terkait program kerja tahun sebelumnya dari PC PGRI Kecamatan Sungai Raya," kata Ketua Pengurus Kabupaten Persatuan Guru Republik Indonesia (PK PGRI) Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muhammad Ayub, saat menghadiri Konfercab ke-II Kecamatan Sungai Raya di aula Menanjak kantor camat Sungai Raya, Senin.

Ayub mengatakan, dalam agenda Konfercab ini akan dibahas laporan pertanggungjawaban keuangan maupun kegiatan, membahas program-program yang tidak efektif dan program-program yang mengacu pada misi ke depannya.

"Tantangan Guru dan PGRI sangatlah besar, tentunya melalui Konfercab ini, mereka meramu sejumlah program yang dapat mempertebal identitas guru. Sehingga semakin melekat kompetensinya, kejiwaannya, kepribadiannya dan karakternya," tuturnya.

Untuk itu Ayub meminta PGRI harus mampu membuat program-program yang dapat mempertebal identitas guru itu sendiri. 

Di tempat yang sama, Sekretaris Umum PGRI Kalbar Suherdianto mengapresiasi Konfercab yang digelar PC PGRI Sungai Raya, karena PGRI Kubu Raya menjadi satu diantara indikator untuk PGRI di provinsi.

"Karena diharapkan Konfercab PC PGRI Sungai Raya ini bisa membuat teman-teman di Cabang mampu merancang program untuk tahun 2023 jauh lebih baik dan bisa sinkronisasi serta bersinergi dengan provinsi Kalbar," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya di PGRI provinsi menargetkan pada tahun 2023 mendatang, alokasi dana 60 persen akan dikembalikan di tataran pengurus kabupaten dan cabang.

"Tujuannya agar PGRI itu benar-benar hadir di tengah masyarakat dalam melakukan konsolidasi dan memberikan input untuk guru-guru di daerah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensinya," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022