Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kalimantan Barat merangkul seluruh penggiat literasi dari berbagai latar belakang untuk meningkatkan peringkat indeks ALIBACA Kalbar. 

"Pasca dikukuhkan pada Sabtu kemarin, saat ini fokus TBM Kalbar adalah merangkul seluruh penggiat literasi dari latar belakang mana pun. Tidak hanya teman-teman dari TBM saja, tetapi seluruh penggiat literasi yang ada," kata Ketua FTBM Kalimantan Barat Annisa Maharani Nasran di Pontianak, Minggu.

Nissa mengatakan, kepengurusan FTBM Kalbar tidak hanya didominasi oleh pengelola TBM namun pihaknya bersinergi dan kolaborasikan dengan berbagai komunitas literasi lainnya. "Ada duta bahasa, duta pariwisata, read a loud, kampung baca, kampung literasi, influencer yg membahas literasi digital dan masih banyak lagi," tuturnya.

Sebagai ketua FTBM Kalbar, dirinya berharap bisa merangkul semuanya dan bisa masuk ke tiap lini jaringan literasi yang ada di Kalbar untuk berkolaborasi meningkatkan literasi masyarakat di Kalimantan Barat.

"Setelah pandemi COVID-19 saya kira di awal teman-teman penggiat literasi Kalbar akan semakin terpuruk. Tapi siapa sangka, 2 tahun COVID justru semakin menempa kita semua menjadi komunitas/lembaga yang lebih tangguh dan lebih mandiri," tuturnya. 

Di Kalbar, katanya, banyak prestasi yang kita dapatkan dari 10 besar provinsi dengan literasi digital terbaik, 6 besar anugerah desa wisata terbaik, bahkan juara 1 Nasional yang diraih oleh Perpustakaan Bahagia Mendawai. 

"Karena itu kita optimis dengan semangat bersama dari semua pihak, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Dinas Perpustakaan Kalbar, Balai Bahasa dan semua penggiat literasi yang ada di provinsi ini, kita bisa bersama-sama meningkatkan minat baca masyarakat," katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum FTBM, Opik mengatakan melihat komposisi Pengurus Wilayah Forum TBM Kalimantan Barat serta menyimak program kerja yang disampaikan, dia optimistis bahwa pendampingan untuk PD Forum TBM dan TBM di Kalbar akan mengalami percepatan. 

"Selamat menjalankan amanah dan mari kuatkan terus kerja sama internal dalam bingkai organisasi yang bernama Forum Taman Bacaan Masyarakat serta dapat segera merencanakan program kerja dan menjalankan tugas sesuai dengan perannya masing-masing," kata Opik.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023