Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat terus melakukan edukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana tata cara pengaduan layanan publik yang diberikan lembaga pemerintah dan lainnya.

"Kami baru saja selesai melakukan kegiatan Ombudsman On The Spot (OOTS) dengan membuka gerai pengaduan dan konsultasi pelayanan publik bertempat di Puskesmas Rawat Jalan Wajok Hulu, Kabupaten Mempawah. Masyarakat yang mengakses gerai Ombudsman, masih belum mengetahui tugas dan fungsi Lembaga Negara Ombudsman RI sehingga diberikan edukasi dan pemahaman tata cara pengaduan di Ombudsman," ujar Kepala Keasistenan PVL Ombudsman Kalbar, M. Rhida di Pontianak, Sabtu.

Ia menambahkan bersamaan terus memberikan edukasi dan pemahaman pihaknya juga mendekatkan layanan pengaduan terhadap pelayanan publik.

Menurutnya program tersebut sebagai bentuk implementasi tugas Ombudsman yaitu menerima laporan dari masyarakat terkait penyelenggaraan pelayanan publik dan menerima konsultasi masyarakat tentang permasalahan yang dihadapi dalam mengakses pelayanan publik, ataupun memperoleh informasi mengenai tata cara menyampaikan pengaduan kepada Ombudsman.

"Selain menerima pengaduan dan konsultasi tentang pelayanan publik, OOTS juga memiliki peranan penting dan efektif untuk menginformasikan keberadaan Ombudsman Perwakilan Kalbar dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tugas, fungsi dan kewenangan Ombudsman sebagai lembaga negara pengawas penyelenggaraan pelayanan publik," ucapnya.

Ia melihat bahwa masyarakat di Desa Wajok Hulu cukup antusias dengan adanya gerai konsultasi dan pengaduan dari Ombudsman ini. Ia menyebutkan dari 52 akses masyarakat tersebut, terdapat 3 konsultasi pelayanan publik yaitu satu konsultasi pelayanan publik tentang perpindahan domisili penerima manfaat BPJS Kesehatan PBI dan dua konsultasi terkait administrasi kependudukan.

"Untuk ketiga konsultasi tersebut telah kami berikan saran penyelesaiannya," papar dia.


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023