Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan keberadaan danau lindung di Kapuas Hulu Kalimantan Barat dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama di daerah pesisir sungai Kapuas di daerah tersebut.

"Danau lindung membantu ekonomi masyarakat, selain menjaga kelestarian ikan masyarakat juga menikmati hasil ikan di danau tersebut untuk pertumbuhan ekonomi," kata Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Berdasarkan data Dinas Perikanan Kapuas Hulu, hingga saat ini terdapat 27 danau lindung yang ada di wilayah Kapuas Hulu berdasarkan surat keputusan Bupati Kapuas Hulu.

Disampaikan Fransiskus, masyarakat di sekitar kawasan danau lindung komitmen menjaga lingkungan untuk keberlangsungan berkembang biak ikan yang kemudian akan dilakukan panen raya ikan konsumsi.

Untuk diketahui, rata-rata sekali panen ikan air tawar berkisar dua hingga empat ton dalam setahun.

Adapun jenis ikan konsumsi yang ada di danau lindung Kapuas Hulu seperti ikan entukan, jelawat, bauk, ikan biawan dan sejumlah jenis ikan air tawar khas danau Kapuas Hulu.

"Yang perlu kita terus tumbuhkan yaitu kesadaran untuk menjaga lingkungan, terutama untuk keberlangsungan berkembang biak ikan air tawar agar tidak punah," katanya.
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan bersama Kapolda Kalbar, Ketua Komisi V DPR RI dan sejumlah pejabat bersama masyarakat melakukan panen raya ikan di Danau Lindung Desa Teluk Aur Kecamatan Bunut Hilir wilayah Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Minggu (7/5/2023). ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu. (Teofilusianto Timotius)
 


Oleh karena itu, Fransiskus berpesan kepada masyarakat agar dalam pengelolaan danau lindung masyarakat harus tetap disiplin.

"Harus tetap komitmen menjaga danau lindung, karena di luar sana banyak aktivitas yang merugikan kita, contohnya menangkap ikan dengan cara yang tidak baik seperti disetrum dan bahan kimia lainnya," ucap dia.

Dikatakan Fransiskus, pada Minggu (7/5) kemarin, dirinya juga mengikuti panen raya ikan konsumsi di Danau Lindung Pengelang Desa Teluk Air Kecamatan Bunut Hilir.

Dalam kegiatan panen raya ikan tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Pipit Rismanto bersama Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, serta sejumlah pejabat penting lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023