Dewan Pengurus Daerah Persaudaraan Sambas Serantau (PASS) Kabupaten Kubu Raya pada Minggu menggelar Tumpahan Salok Insanak Sambas Serumpun, acara melepas rindu keluarga besar orang Sambas, di Desa Pematang Tujuh, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Ketua Dewan Pengurus Daerah PASS Kabupaten Kubu Raya Suryadi mengatakan bahwa acara itu diikuti oleh ratusan orang Sambas, baik yang bermukim di Kubu Raya maupun bagian wilayah Kalimantan Barat yang lain.

"Ini bukan sekedar hanya untuk menumpahkan rase salok bagi seluruh keluarga Sambas. Namun, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi untuk keluarga besar orang Sambas yang ada di Kabupaten Kubu Raya maupun daerah lainnya di Kalbar," katanya.

Suryadi mengapresiasi Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan Penasihat Dewan Pengurus Daerah PASS Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan yang telah memfasilitasi penyelenggaraan Tumpahan Salok Insanak Sambas Serumpun di Desa Pematang Tujuh.

Sementara itu, Ketua DPW PASS Provinsi Kalimantan Barat Manto Saidi mengimbau masyarakat Sambas tidak mempersoalkan perbedaan pandangan politik menjelang pemilihan umum.

"Wajar saja beda warna dan pilihan. Kita harus bisa terus menjaga silaturahmi untuk kepentingan yang lebih besar," kata Manto, yang menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan bahwa Tumpahan Salok Insanak Sambas Serumpun dilaksanakan di saung griya 169 karena tempat yang di kelilingi sungai, sawah, dan pohon kelapa itu mengingatkan pada kondisi kampung halaman di Sambas.

"Bagi saya saung griya 169 ini untuk merefleksi kembali bagaimana suasana alam yang ada di Kabupaten Sambas, karena dengan suasana alam yang alami dan berbasis tanaman padi, hortikultura, dan perikanan ini kita akan terbawa dan mengenang kembali kampung halaman kita di berbagai daerah di Kabupaten Sambas," katanya.

"Bagi saya kegiatan ini sangat luar biasa, karena mampu mempersatukan warga Sambas dari berbagai kabupaten di Kalbar, karena ada yang dari Singkawang, Pemangkat, Sungai Duri, Paloh, dan Sambas, karena saya lihat tampak hadir juga Istri Wakil Bupati Sambas Puspa Rahayu Fahrur Rofi," kata Bupati.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023