Komunitas Mari Melihat (Marmel) Pontianak mengadakan program traveling ke tempat wisata di Kalimantan Barat (Kalbar) yang memiliki daya tarik serta potensi yang luar biasa.

"Kegiatan tersebut bertajuk Backpacker to Share, ini sudah berlangsung selama 9 kali. Kali ini diadakan di Desa Pelapis, Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara selama 4 hari dari 1-4 Juni," ujar Ketua Panitia Backpacker to Share, Prakas Dwi di Pontianak, Kamis.

Prakas menjelaskan, kegiatan ini diikuti oleh 50 personel terdiri dari panitia maupun sukarelawan yang berasal dari berbagai kalangan mulai dari karyawan, guru, dosen, tenaga medis, hingga siswa baru lulus SMA.

Kemudian, ia menambahkan pada kegiatan ini juga terdapat bakti sosial yang sasarannya adalah warga dan anak sekolah di desa sekitar tempat wisata.

"Untuk kegiatan di Pelapis kali ini, kami menyumbangkan kuran lebih 100 pasang seragam, tas, dan ATK kepada murid-murid SD Negeri 02 Pelapis. Sedangkan untuk masyarakat sendiri, kami membantu pengecatan gapura, pemasangan plang, pembuatan tempat sampah, serta penyuluhan kesehatan serta hiburan bersama," kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Pelapis Rosmi Harnadi mengungkapkan rasa syukurnya serta harapannya terkait kehadiran program Backpacker to Share di tempatnya tersebut.

"Saya berharap kegiatan ini berkelanjutan dan kami membuka selebar-lebarnya bagi saudara di kota untuk datang ke Pelapis. Desa kami jarang dikunjungi padahal memiliki pantai dan alam yang indah di antaranya yaitu Pantai Batu Dansa, Pantai Dusun Jaya, Pantai Teluk Genting," kata Rosmi.

 

Pewarta: Damara/Magang FKIP

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023