Dinas Ketahanan (Disket) Pangan Provinsi Kalbar mengenalkan sejak dini tentang pentingnya pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang menyasar pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Bengkayang.

"Kegiatan mengenalkan sejak dini konsumsi pangan B2SA kepada siswa sekolah tingkat dasar adalah hal strategis dan penting. Ke depan bisa menjadi pola kesehariaannya," ujar Kadisket Pangan Kalbar, Herti Herawati di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa melalui kegiatan yang dihadiri dewan guru dan undangan lainnya diharapkan bisa meningkatnya keterampilan masyarakat dalam mengolah dan menyediakan makanan B2SA untuk anak sekolah tingkat dasar dan masyarakat.

"Melalui kegiatan ini, terutama undangan yang merupakan para orang tua bisa mengolah dan menyediakan makanan B2SA," papar dia.

Baca juga: Bulog Kalbar lakukan stabilisasi harga pangan lewat operasi pasar

Menurutnya pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk itulah B2SA menjadi bagian terpenting untuk meningkatkan SDM.

Ia menjelaskan, untuk dapat hidup sehat dan produktif, manusia memerlukan sekitar 45 jenis zat gizi yang harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi dalam jumlah cukup, tidak berlebihan dan tidak juga kekurangan.

"Dengan mengonsumsi makanan sehari-hari yang beraneka ragam, kekurangan zat gizi pada jenis makanan yang satu akan dilengkapi oleh zat gizi pada jenis makanan lain sehingga diperoleh masukan zat gizi yang seimbang," ucapnya.

Baca juga: Ketersediaan pangan Kalbar jelang Idul Adha aman

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023