Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat memaksimalkan  promosi produk kerajinan masyarakat termasuk secara daring, dengan bersinergi bersama instansi vertikal di daerah itu.

"Dengan diresmikannya Gedung Dekranasda ini diharapkan bisa memantik semangat pengurus Dekranasda untuk memperbanyak promosi 'online' dari kerajinan produk masyarakat," kata Sutarmidji di Pontianak, Rabu.

Ia berharap di gedung baru Dekranasda Kalbar tersebut pemasaran produk-produk secara daring bisa dioptimalkan, kemudian pengurus Dekranasda Kalbar bisa bersinergi dengan binaan-binaan instansi vertikal maupun jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

"Misalnya dari perajin binaan Bhayangkari dan produknya boleh ditampilkan di sini sebagai ruang pamer, kemudian perajin binaan Persit dan semua kerajinan bisa dipamerkan di sini karena produk-produk kita tidak kalah dibandingkan dengan daerah lain dan punya pangsa pasar sendiri," tuturnya.

Seperti kita ketahui, saat ini Kalbar berupaya untuk terus mengenalkan produk-produk kerajinan yang berciri khas Kalimantan Barat selain untuk melestarikan adat budaya juga agar mampu meningkatkan daya saing daerah.

"Beberapa produk kita sudah menjadi pilihan, kemarin itu pameran Dekranas pusat banyak produk kita yang di pesan dan justru perajin-nya yang tidak bisa memenuhi pesanan, karena tidak hanya pasar lokal yang berminat, tetapi ada juga yang memesan dari Singapura yang memesan dalam skala besar, sehingga melalui rapat kerja nanti perlu dipikirkan bagaimana pelatihan-pelatihan pada perajin itu terus ditingkatkan," katanya.

Selain itu, ia berharap Dekranas sering melakukan pelatihan kepada para perajin guna meningkatkan kemampuan dan kualitas produk kerajinan.

"Ahli desain produk juga harus dihadirkan untuk pelatihan-pelatihan itu, saya harap Dekranas bisa melakukan pelatihan karena ruangan (tempat) sudah ada, 3 bulan sekali harusnya ada pelatihan bahkan kalau bisa sebanyak-banyaknya," kata Sutarmidji.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani Sutarmidji menyampaikan bahwa kegiatan Peresmian Gedung Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan itu dirangkaikan dengan pelaksanaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda se Kalimantan Barat dan Gelar produk unggulan Kriya Kalbar serta peluncuran pelatihan tenun ikat kepada perajin binaan Dekranasda Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat Tahun 2023.

"Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai momentum menjadikan Gedung Dekranasda sebagai pusat kegiatan serta peningkatan daya saing perajin serta kerajinan Kalbar," kata dia.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023