Konsulat Malaysia di Kota Pontianak menggelar Open Day sebagai upaya memperkuat silaturahmi dengan warga Pontianak.

"Open Day digelar dengan tujuan mempererat silaturahmi antara Konsulat Malaysia dengan warga Kota Pontianak," kata konsul Malaysia Pontianak Azizul Zekri di Pontianak. Jumat.

Ia mengatakan, Open Day digelar sebagai salah satu usaha untuk memperkenalkan kepada warga Kota Pontianak tentang fungsi dan peranan konsulat. Dimana terdapat beberapa booth yang berkaitan dengan informasi tentang visa dan imigrasi, pendidikan, pariwisata, dan lain sebagainya.

"Kami juga menyediakan booth jualan kuliner Malaysia oleh Persatuan Wanita Kementerian Luar Negeri Cabang Konsulat Malaysia di Pontianak, juga dari hotel dan rumah makan di Pontianak yang menyediakan masakan Malaysia," katanya.

Selain itu, Open Day juga akan ada penayangan film dan animasi Malaysia serta demonstrasi Teh Tarik Malaysia oleh koki yang didatangkan langsung dari Malaysia.

"Bagi 1.000 pengunjung pertama akan mendapat Teh Tarik Malaysia secara gratis," ujarnya. 

Sementara itu, Wali Kota Pontianak Edi Kamtono menyambut baik Open Day tersebut dengan harapan dapat memperkuat silaturahmi dengan warga Kota Pontianak serta meningkatkan ekonomi di berbagai bidang seperti pariwisata dan kuliner.

"Silaturahmi ini adalah hal yang harus ditingkatkan terutama di bidang kuliner agar masyarakat bisa merasakan kuliner khas Malaysia tanpa harus pergi ke sumber aslinya," kata Edi.

Ia mengungkapkan, berbagai persoalan dapat diselesaikan kuncinya ialah bagaimana caranya masyarakat khususnya Kota Pontianak dapat merasakan manfaat dari pertumbuhan ekonomi.

"Kolaborasi seperti pameran dan lainnya juga sudah sering dilakukan antara pemerintah Kota Pontianak dan Konsulat Malaysia," katanya.


Baca juga: Konsulat Malaysia akan pertemukan jurnalis dari Malaysia dan Indonesia di Pontianak

Baca juga: Konsulat Malaysia jalin silaturahmi dengan media di Kalbar

Baca juga: Universitas Malaysia kunjungi SD di batas Indonesia - Malaysia





 

Pewarta: Petrus/Magang FKIP Untan

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023