Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat sedang menyusun rencana penyediaan dan pengelolaan permakaman.

Menurut Kepala Bappeda Kota Pontianak Sidig Handanu Widoyono di Pontianak, Minggu, rencana penyediaan dan pengelolaan permakaman akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah yang sedang disusun.

Ia menyampaikan bahwa rencana penyediaan dan pengelolaan permakaman mencakup penyediaan lahan makam sesuai tingkat kebutuhan di masing-masing kecamatan.

Menurut data terakhir pemerintah daerah, ia mengatakan, ada setidaknya 268 makam Muslim dengan luas total 26.922 meter persegi di Kota Pontianak.

"Dari kajian awal sudah tergambar, kalau tidak ada upaya khusus, lahan permakaman di Pontianak akan penuh," katanya.

Oleh karena itu, selain mengalokasikan dana untuk mendukung penyediaan sarana dan prasarana makam Pemerintah Kota Pontianak menyiapkan rencana untuk menyediakan lahan makam bagi warga serta sistem pengelolaannya.

Sidig menyampaikan bahwa pemerintah kota mengkaji pilihan lahan yang dapat digunakan untuk permakaman serta model pengelolaan permakaman yang tepat.

"Saat ini sudah ada beberapa pilihan lokasi calon makam di enam kecamatan yang memungkinkan berdasarkan kajian. Dari lokasi-lokasi itu akan kita cek lagi, apakah ada hambatan di masyarakat, karena untuk makam ini harus persetujuan masyarakat," katanya.

"Jika semuanya sudah beres, anggarannya bisa segera disediakan," ia menambahkan.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023