Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat(Kalbar) mendirikan tiga pos pengamanan menjelang pemilihan umum (Pemilu) serentak Tahun 2024 di wilayah tersebut.

"Pos pengamanan kami tempatkan di tiga titik kantor penyelenggara Pemilu termasuk di sekitar gudang logistik," kata Kabag Operasional Polres Kapuas Hulu AKP Edhi Tarigan, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Edhi, tiga pos pengamanan itu didirikan di Kantor KPU Kapuas Hulu, Bawaslu Kapuas Hulu dan Gudang Logistik, masing-masing pos pengamanan itu dijaga oleh personel kepolisian selama 24 jam secara bergantian.

Menurut dia, pos pengamanan tersebut didirikan untuk memberikan pengamanan terhadap kantor penyelenggara Pemilu sebagai komitmen kepolisian memberikan rasa aman dan nyaman bagi penyelenggara pemilu.

Dikatakan Edhi, untuk pengamanan pemilu telah menyiapkan 567 personel yang tersebar di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

"Kami juga telah melakukan pemetaan dalam pengamanan di masing-masing wilayah di Kapuas Hulu sampai ke tingkat TPS," kata dia.

Disebutkan Edhi, Kapuas Hulu memiliki 984 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 278 desa dan empat kelurahan di 23 kecamatan wilayah Kapuas Hulu.

Masing-masing TPS, kata Edhi akan dijaga ketat oleh petugas keamanan yang juga melibatkan sejumlah pihak terkait dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban pada saat Pemilu 2024 mendatang.

Edhi mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menciptakan dan mewujudkan pemilu yang aman, damai dan lancar serta sukses.

"Sama-sama kita jaga keamanan dan ketertiban agar Pemilu 2024 dapat berjalan sukses dan lancar sesuai ketentuan berlaku," katanya.
Kabag Ops Polres Kapuas Hulu AKP Edhi Tarigan dan Pos Pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023