Fahri Ramadhan siswa menengah kejuruan asal Kubu Raya terpilih sebagai Duta Siswa Indonesia Enterpreneur Muda 2024 berkat advokasinya untuk meningkatkan Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kalimantan Barat lewat "Growgether".
 
"Saya terpilih sebagai Duta Siswa Indonesia Enterpreneur Muda 2024 karena saya ingin meningkat UMKM, khususnya di Kalbar lewat program "Growgether"," ujar Fahri kepada Antara, Sabtu.
 
Sebagai Duta Siswa Indonesia Enterpreneur Muda 2024, ia optimis dan berkomitmen untuk membantu para pelaku UMKM meningkatkan nilai usahanya lewat "Growgether", yang merupakan program pembinaan bisnis UMKM di seluruh Kalbar, berkolaborasi bersama rekan duta siswa lainnya melakukan pengembangan komunitas UMKM di media sosial agar lebih dikenal.
 
"Dengan begitu dapat membantu pelaku para UMKM mendapatkan paparan di media sosial agar masyarakat bisa lebih mengenal UMKM yang ada di Kalbar," ujarnya.
 
Sebagai bentuk advokasi, ia mengajak dan merangkul pelaku UMKM untuk bisa berkembang dengan cara memberikan sosialisasi dan membentuk komunitas dengan harapan dapat memberikan jalan keluar untuk setiap masalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM.
 
Di samping itu, ia juga berharap dapat menjadi media perantara dan pendamping untuk proses pengembangan usaha dengan cara memberikan informasi mengenai langkah untuk berniaga di media sosial.
 
Ia mengaku saat ini sedang melakukan riset untuk menjalankan program pertamanya, yakni melakukan survei ke beberapa UMKM yang ada di Kalbar, kemudian membuat komunitas serta membuat wadah media sosial untuk memperkenalkan UMKM tersebut.
 
Baginya perubahan nyata berawal dari keputusan kecil dan perubahan sekecil apapun dapat menciptakan dampak nyata, begitu pula inovasi sederhana dari skala UMKM yang dapat menciptakan dampak yang luar biasa untuk kemajuan bangsa.
 
Duta Siswa Indonesia Enterpreneur Muda merupakan bagian dari Duta Siswa Indonesia yang dilaksanakan pada 18 hingga 22 Januari 2024 di Medan, Sumatera Utara, tepatnya di Kantor Gubernur Sumatera Utara.
 
Duta Siswa Indonesia merupakan wadah bagi seluruh siswa maupun siswi di Indonesia untuk mampu meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.
 
Menurut Fahri, terdapat 131 siswa dari 30 provinsi di seluruh Indonesia yang bersaing di Medan untuk menjadi yang terbaik.*

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024