Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat menyatakan keistimewaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2024 tingkat Kabupaten Kubu Raya yang akan digelar di depan Keraton Kubu.
 
"Yang menariknya, di kecamatan Kubu ini panoramanya sangat indah. Nantinya pelaksanaan MTQ akan digelar di depan Keraton Kubu, dengan panorama pinggir sungai dan ada simpang tiga," ujar Pj Bupati Kubu Raya, Sy Kamaruzaman, di Sungai Raya, Kamis.
 
Dalam persiapan ini, dirinya akan terjun langsung ke Kecamatan Kubu, untuk melihat lokasi yang telah ditentukan yakni di depan Keraton Kubu, Kubu Raya, Kalimantan Barat.
 
"Insyaallah besok saya akan ke kecamatan Kubu untuk memastikan dan melihat kondisi di lapangan," katanya.
 
Dia mengatakan jika perhelatan MTQ tingkat Kabupaten Kubu Raya dijadwalkan antara April dan Juni. Namun ia tak memungkiri jika waktu yang diperlukan untuk persiapan terasa sangat singkat jika perhelatan akbar tingkat Kubu Raya ini dilaksanakan pada April.
 
"Kita mau ancar ancar di antara bulan April atau Juni, tapi nampaknya April terlalu singkat karena habis lebaran dan juga masih harus mempersiapkan infrastruktur," ujarnya.
 
Untuk itu pihaknya masih akan kembali melakukan rapat persiapan dalam menentukan waktu yang tepat untuk pelaksanaan MTQ.
 
MTQ ini akan diikuti oleh sembilan kecamatan dari seluruh wilayah di Kubu Raya, yakni Batu Ampar, Kuala Mandor, Rasau Jaya, Sungai Ambawang, Sungai Kakap, Sungai Raya, Terentang, Teluk Pakedai dan tentunya tuan rumah yakni Kubu.
 
Dan diketahui jika Kecamatan Kubu merupakan satu di antara wilayah perairan yang dapat dilalui dengan transportasi sungai maupun darat dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam 27 menit berkendara dari ibu kota provinsi Kalimantan Barat, yakni Pontianak.

 

 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024