Aparat keamanan gabungan TNI dan Polri menjamin keamanan pelaksanaan Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Pengamanan kami perketat setiap orang yang masuk ke lokasi kegiatan Pleno kami lakukan pemeriksaan agar Rapat pleno dapat berjalan aman dan lancar," kata Kapolres Kapuas Hulu AKBP Hendrawan, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Hendrawan menjelaskan untuk mengamankan kegiatan pleno rekapitulasi perhitungan hasil perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten pihaknya menurunkan 245 personel gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri juga menggandeng sejumlah pihak terkait seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan Kapuas Hulu dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu untuk menurunkan mobil pemadam kebakaran sebagai langkah antisipasi.

"Dari kepolisian itu ada sekitar 200 personel sisanya TNI dan instansi terkait lainnya," ucap Hendrawan.

Hendrawan mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu serta pihak-pihak terkait seperti partai politik untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan pleno tingkat kabupaten yang diselenggarakan oleh KPU Kapuas Hulu.
 
Aparat keamanan menjaga ketat pelaksanaan Rapat Pleno rekapitulasi hasil perolehan suara pada Pemilu 2024 tingkat kabupaten yang di laksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/Teofilusianto Timotius.


Ia menyatakan secara umum seluruh tahapan Pemilu 2024 di Kapuas Hulu berjalan aman, lancar dan sukses hingga saat ini berlangsung rapat pleno tingkat kabupaten yang dimulai pada 29 Februari 2024 sampai dengan 3 Maret 2024.

"Mari kita tingkatkan sinergisitas semua pihak agar situasi dan kondisi Kapuas Hulu tetap kondusif," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kapuas Hulu Muhammad Yusuf mengapresiasi atas dukungan aparat keamanan dan seluruh lapisan masyarakat sehingga pelaksanaan pemilu di Kapuas Hulu berjalan aman dan lancar.

"Sampai saat ini tahapan pemilu berjalan aman dan lancar berkat dukungan semua pihak, kerja sama aparat keamanan hingga lapisan masyarakat dan partisipasi partai politik serta peserta pemilu," kata Yusuf.

Dia berharap rapat pleno rekapitulasi penghitungan hasil perolehan suara pemilu tingkat kabupaten berjalan aman dan lancar sehingga pelaksanaan pemilu di Kapuas Hulu sukses.

"Semua rekan-rekan dari partai politik ada saksi perwakilan sehingga jika terdapat persoalan bisa diselesaikan sesuai ketentuan yang terpenting yaitu tanggungjawab kita semua menjaga keamanan dan ketertiban," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024