Kepolisian Resor (Polres) Kapuas Hulu mengerahkan 278 personel untuk mengamankan pelaksanaan ibadah puasa atau bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah serta pasar juadah di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

"Kami pastikan keamanan masyarakat terutama umat Muslim, baik saat tarawih maupun kegiatan lainnya seperti di pasar juadah dan saat pawai gerobak saur selama bulan Ramadhan," kata Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Kapuas Hulu AKP Edhi Tarigan, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Edhi menjelaskan dari 278 personel yang dilibatkan dalam pengamanan Ramadhan terdiri dari 117 personel Polres Kapuas Hulu dan 161 personel di masing-masing Polsek di 23 kecamatan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Menurutnya, personel akan ditempatkan di masjid dan surau di mana umat Muslim akan melaksanakan sholat taraweh.

Selain itu, petugas kepolisian juga akan mengatur lalu lintas kendaraan di sore hari saat umat Muslim hendak membeli persiapan untuk berbuka puasa baik itu di pasar juadah maupun di jalan umum yang digunakan masyarakat di Kota Putussibau dan sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kapuas Hulu AKBP Hendrawan mengingatkan masyarakat untuk tetap menciptakan situasi yang kondusif, rukun, aman dan damai serta toleransi antar umat beragama.

Hendrawan meminta masyarakat untuk mewaspadai tindak kejahatan selama bulan Ramadhan seperti pencurian dan kejahatan lainnya.

"Kita saling menjaga dan menghormati satu dengan lainnya untuk mewujudkan situasi yang tetap kondusif, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan dan rasa peduli terhadap lingkungan dan sesama," katanya.

Selain itu, dia juga mengimbau seluruh masyarakat untuk menghindari penyalahgunaan narkoba, minuman keras serta obat-obatan terlarang.

"Tetap utamakan keselamatan dalam berlalu lintas, memperkuat kerukunan antar umat beragama serta menjunjung tinggi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan serta toleransi," katanya.

Apabila ditemukan atau mengetahui informasi tidak kejahatan diharapkan masyarakat untuk segera melaporkan kepada aparat keamanan terdekat.

"Saya yakin masyarakat Kapuas Hulu sangat menjaga keharmonisan dan kerukunan selalu hidup berdampingan dengan penuh rasa kekeluargaan," kata Hendrawan.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024