Menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah yang masih dua pekan lagi, umat Muslim di Kota Pontianak mulai menyiapkan kue dan snack, salah satunya dengan berbelanja penganan Lebaran itu di Toko Berkah Jaya Snack.

"Alhamdulillah setiap hari ramai dan paling ramainya pada sore hari, kalau weekend bisa dari pagi sudah ramai," kata pemilik toko Berkah Jaya Snack, Fenty di Pontianak, Senin.

Dari pantauan di toko yang beralamat di Jalan Husein Hamzah tersebut, terdapat delapan kategori untuk memudahkan pembeli dalam mencari kue ataupun snack yang diinginkan.

Yang pertama ada basreng, camilan pedas, aneka keripik, cemilan asin, cemilan manis, aneka soes kering, produk UMKM dan aneka kacang, untuk kue kering dan aneka manisan diletakkan di dekat kasir.

"Yang dijual ada banyak, aneka snack dari beberapa daerah di Indonesia seperti basreng, sale pisang kue kacang, dan camilan UMKM hasil karya warga Pontianak," kata Fenty menjelaskan.

Ia mengatakan bahwa yang paling laris adalah basreng yang sebulan bisa laku puluhan ton, selain itu kue kacang Bi Nor, aneka keripik keladi serta amplang khas Berkah Jaya Snack juga laris terjual.

Sementara itu, salah satu pembeli di yang ditemui, Widya mengatakan bahwa ia suka berbelanja snack atau makanan ringan.

"Kalau hari biasa, di sini suka beli cemilan. Kalau menjelang Lebaran seperti saat ini, beli snack ditambah kue keringnya. Saya ini beli nastar dan kue kacang," kata Widya yang ditemui tengah memborong kue-kue dari toko tersebut.

Ia mengatakan harga kue dan snack di toko tersebut tergolong murah sehingga ia juga biasa menjual kembali aneka kue yang dibeli dari toko tersebut.

"Saya biasa jual lagi, makanya ini belanja banyak. Biasa saya tawarkan ke tetangga atau keluarga," katanya.

Sementara pemilik toko, Fenty menambahkan Toko Berkah Jaya Snack telah ada sejak 2018. Toko ini memiliki beberapa cabang. Selain di di Jalan Husein Hamzah dan Jalan Sungai Raya Dalam, Kota Pontianak, juga ada di Kota Singkawang dan Sambas. 

"Selalu ada barang baru di toko kami, hampir semua jenis. Misalnya untuk snack kita tambah beberapa jenis yang baru, kue kering dan manisan juga biasa kita cari ke beberapa kota di luar Kalbar," katanya lagi.

Adapun kisaran harga kue dan snack yang dijual di toko tersebut, dimulai dari Rp10.000 sampai Rp50.000 per kilogram, dengan jam operasional toko dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Baca juga: Pemerintah Kota Pontianak hadirkan pasar murah bantu warga jelang Lebaran 2024

Baca juga: Polda Kalbar siapkan pengamanan hingga Lebaran

Baca juga: Bandara Supadio prediksi puncak mudik pada H-5 Idul Fitri

Pewarta: Anti Juniarti/Magang FKIP Untan

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024