Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menghadirkan pasar murah untuk membantu warga mendapatkan bahan pokok strategis dengan harga terjangkau menjelang Lebaran 2024/ Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Pasar murah ini skalanya lebih besar dari sebelumnya dengan melibatkan banyak pihak termasuk swasta sehingga masyarakat banyak pilihan untuk membeli kebutuhan menjelang lebaran. Harga hemat 20 persen dan ini untuk membantu warga," ujar Penjabat Wali Kota Pontianak, Ani Sofian saat membuka operasi pasar perdana di Kantor Camat Pontianak Tenggara, Sabtu.

Ia menjelaskan dalam pasar murah yang digelar oleh Pemkot Pontianak itu bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Kalbar, Perum Bulog Divre Kalbar, Bank Kalbar, Perumda BPR Khatulistiwa Pontianak dan sejumlah perusahaan swasta.

"Berbagai macam komoditas yang dijual dengan harga terjangkau, mulai dari beras, gula, minyak goreng, telur, ayam, sayur-sayuran dan kebutuhan pokok lainnya. Sejumlah komoditas dijual dalam bentuk paket dengan harga bervariasi sesuai dengan isi paket," kata dia.

Untuk mekanisme pembelian komoditas yang ada di bazar ini, masyarakat hanya cukup mendatangi lokasi pasar murah dan memilih barang keperluan yang ingin dibeli.

“Silakan masyarakat mendatangi lokasi-lokasi pasar murah sesuai dengan jadwal yang ditentukan, tanpa memakai kupon,” ungkapnya.

Melihat antusias masyarakat yang berbelanja di pasar murah, Ani berharap masyarakat akan merasa terbantu dalam memenuhi kebutuhan mereka selama bulan Ramadan hingga menjelang lebaran.

Apalagi komoditas yang dijual dalam bazar ini harganya relatif lebih murah dari harga pasaran. Ia berharap, melalui operasi pasar murah ini harga komoditas kebutuhan pokok ikut turun.

“Kami berharap dengan digelar pasar murah ini, inflasi bisa lebih terkendali,” ucapnya.

Sebagai informasi, pasar murah ini dilaksanakan secara bergilir di enam kecamatan. Tanggal 23 Maret di Kantor Camat Pontianak Tenggara, 24 Maret di Kantor Camat Pontianak Utara, 25 Maret di Kantor Camat Pontianak Selatan.

Tanggal 26 Maret di Kantor Camat Pontianak Barat, 27 Maret Kantor Camat Pontianak Kota dan 5 April di Kantor Camat Pontianak Timur. Pasar murah digelar mulai pukul 08.00-12.00 WIB.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024