Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat berupaya memperbaiki tata kelola keuangan daerah dengan memberikan bimbingan kepada para kepala desa terkait manajemen pengelolaan keuangan.
 
"Terkait dengan manajemen pengelolaan keuangan ini mulai dari perencanaan sampai pelaksanaannya harus dipertanggungjawabkan secara benar, untuk itu kami berupaya memberikan bimbingan secara teknis kepada kepala desa," ujar Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman, di Sungai Raya, Jumat.
 
Kamaruzaman menekankan bimbingan mengenai mekanisme manajemen pengelola keuangan dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian, sehingga dana yang ada dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.
 
"Kita berharap semuanya dilakukan dengan baik, sehingga masyarakat juga bisa menikmati apa yang direncanakan bersama-sama," tuturnya.
 
Ia berharap penguatan terkait pengelolaan keuangan ini mampu memberikan pemahaman secara utuh tentang bagaimana mekanisme pengelolaan yang benar untuk dilakukan.
 
"Harapannya bahwa penguatan terkait dengan keuangan desa ini menjadi penting bagi para kepala desa, sehingga kita hadirkan aparat penegak hukum seperti dari Polres dan Kejari untuk dapat memberikan pemahaman secara utuh tentang benar dan tidaknya keputusan yang diambil," kata Kamaruzaman.
 
Sekretaris Daerah Kubu Raya, Yusran Anizam, menginginkan tata kelola keuangan desa dapat lebih baik, meskipun kini banyak pihak yang mengapresiasi tata kelola keuangan daerahnya, tapi tidak membuat pihaknya berpuas diri dan terus berbenah.
 
"Kita menginginkan lebih baik, kita tidak menutup mata masih ada kelemahan-kelemahan walaupun selama ini banyak pihak yang mengapresiasi terkait dengan tata kelola keuangan desa kita," tutur Yusran.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024