UMKM Binaan PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) yang bernama Jajanan Falifa, berhasil mendapat omzet sebesar lebih dari enam puluh lima juta rupiah pada triwulan pertama tahun 2024. Keuntungan ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan triwulan pertama di tahun 2023 sebelum mendapatkan bantuan dari PLN.

“Dibandingkan dengan triwulan pertama tahun 2023, pada tahun ini kami mengalami kenaikan pendapatan sebesar lebih dari tujuh persen. Selain itu, bantuan dari PLN juga telah membantu kami dari sisi efisiensi dan efektifitas produksi, sehingga pemrosesan makanan menjadi lebih mudah dan tidak membuang energi banyak. Ketika tiba-tiba ada pesanan yang membludak, kami tidak terlalu khawatir karena sudah memiliki fasilitas yang cukup membantu,” ungkap Yanti pemilik dari UMKM Jajanan Falifa.

Tak hanya pada triwulan pertama, Jajanan Falifa juga mengalami peningkatan keutungan pada bulan Ramadhan Pada bulan Ramadhan 2024 lalu, UMKM tersebut meraup omzet sebesar lebih dari empat puluh lima juta rupiah.

“Pada bulan Ramadhan kemarin, kami juga mengalami peningkatan keuntungan jika dibandingkan dengan Ramadhan pada tahun 2023. Sekali lagi kami berterima kasih kepada PLN atas bantuan yang telah berikan, semoga tetap terus bermanfaat dan banyak lagi UMKM yang berkesempatan untuk mendapatkan bantuan dari PLN sehingga menjadi lebih berkembang,” lanjut Yanti.

PLH General Manager UIP KLB, Onda Irawan, memberikan apresiasi atas keberhasilan Jajanan Falifa dalam menjual produksinya sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih baik dibanding sebelumnya, “Keberhasilan Falifa patut diacungi jempol, bantuan yang telah di terima dari PLN dipergunakan dengan baik dan dijalan dengan kerja keras, sehingga mendapatkan hasil yang baik pula,” katanya.

“Selain memastikan keandalan listrik bagi masyarakat, PLN juga memberi dukungan kepada masyarakat agar mandiri secara ekonomi sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang juga dikenal sebagai Sustainable Development Goals (SDGs). Kami berharap semoga UMKM-UMKM dapat bertumbuh dengan baik khususnya yang telah mendapatkan bantuan dari PLN,” tutup Onda .

Jajanan Falifa merupakan salah satu UMKM yang tergabung dalam Komunitas UMKM Karya Kreativitas Cipta Khatulistiwa (K2CK) di Kabupaten Kubu Raya. Pada bulan Juli tahun 2023, Komunitas K2CK termasuk Jajanan Falifa mendapat bantuan dari PLN berupa pelatihan pemasaran dan bantuan penunjang untuk setiap UMKM. UMKM ini memberikan berbagai macam aneka kue kering dan telah hadir di berbagai pameran lokal baik di Kubu Raya maupun Pontianak.

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024