Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman menyerahkan delapan unit mobil ambulans untuk delapan puskesmas di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, guna membantu puskesmas membawa pasien yang membutuhkan pertolongan.
 
"Ambulans ini bisa dimanfaatkan untuk dilakukan tindakan mobilisasi guna mendeteksi dini penanganan terhadap kondisi kesakitan yang ada di Kubu Raya, sehingga masyarakat dapat menerima pelayanan segera," ujar Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman di Sungai Raya, Selasa.
 
Kedelapan puskesmas penerima yakni Puskesmas Teluk Pakedai, Puskesmas Lingga, Puskesmas Korpri, Puskesmas Rasau Jaya, Puskesmas Padang Tikar, Puskesmas Parit Timur, Puskesmas Sungai Raya Dalam, dan Puskesmas Sungai Kakap.
 
Ia mengatakan jika hal ini adalah sebuah komitmen dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam rangka mendukung upaya untuk menekan angka kesakitan. Penambahan mobil ambulan bagi puskesmas bertujuan untuk membantu membawa pasien ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).
 
Kamaruzaman menuturkan upaya peningkatan pelayanan kesehatan terus dilakukan. Terlebih Kubu Raya merupakan daerah dengan kondisi geografis pesisir yang luas dan menantang.
 
"Pertama memang geografis Kabupaten Kubu Raya, di mana tidak semua bisa diakses dengan kendaraan darat. Tapi kita juga sudah upayakan ada ambulans air yaitu speed boat. Ambulans yang diserahkan ini untuk yang ter-akses oleh jalan darat. Karena di Kubu Raya itu ada 23 puskesmas yang tersebar di sembilan kecamatan," tuturnya.
 
la melanjutkan, jika pemberian fasilitas mobil ambulan terus dilakukan secara bertahap seiring dengan memungkinkannya akses jalan yang ada, mengingat masih ada beberapa daerah perairan yang tidak dapat diakses dengan jalan darat.
 
"Jika kondisi jalan memungkinkan tentu menggunakan ambulan, tetapi kalau memang kondisi perairan, ya kita kasih speed boat dan itu sudah berjalan lama. Kita terus melakukan upaya-upaya peningkatan sarana dan prasarana pendukung bagi pelayanan kesehatan berbentuk ambulan dan puskesmas keliling," ucap Kamaruzaman.

 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024