Siswa SD Pelita Cemerlang, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) atas nama Bryan Destin Mulyadi meraih emas dan the best experiment bidang matematika pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024.

"Kebanggaan dan apresiasi yang tinggi atas prestasi gemilang yang diraih oleh para siswa Kota Pontianak dalam ajang OSN 2024 tingkat SD dan SMP, " ujar Penjabat Wali Kota Pontianak Ani Sofian di Pontianak, Minggu.

Menurutnya, pencapaian tersebut semakin mengukuhkan posisi Kota Pontianak sebagai salah satu kota yang memiliki potensi unggul dalam bidang pendidikan di Indonesia.



"Prestasi ini bukan hanya membuktikan bahwa anak-anak Pontianak mampu bersaing di tingkat nasional, tetapi juga menunjukkan bahwa sistem pendidikan di kota kita bisa menghasilkan bibit-bibit unggul yang siap mengharumkan nama daerah, bahkan di kancah yang lebih luas," kata dia.

Penjabat Wali Kota menekankan bahwa prestasi ini merupakan hasil sinergi antara kerja keras para siswa, dukungan orang tua, dedikasi para guru, serta komitmen sekolah dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam memajukan dunia pendidikan.

"Pencapaian luar biasa ini harus menjadi motivasi bagi seluruh pelajar di Kota Pontianak untuk terus berprestasi dan mengembangkan potensi diri. Ini juga menjadi bukti bahwa investasi kita dalam pendidikan mulai membuahkan hasil nyata," tambah Ani Sofian.

Ani mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam membimbing dan mendukung para siswa hingga meraih prestasi membanggakan ini, termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak, para kepala sekolah, guru pembimbing, dan orang tua siswa.

"Semoga prestasi ini menjadi awal dari pencapaian-pencapaian hebat lainnya di masa depan. Mari kita terus berkolaborasi untuk memajukan pendidikan di Kota Pontianak. Saya yakin dengan semangat dan kerja keras yang konsisten, Pontianak akan menjadi salah satu barometer pendidikan berkualitas di Indonesia," papar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak Sri Sujiharti mengatakan hasil yang membanggakan bagi Kota Pontianak ini sebagai buah dari upaya pembelajaran yang berorientasi pada minat dan bakat siswa, serta semangat belajar dan keinginan untuk menjadi yang terbaik.

"Terbukti pada ajang kompetisi tingkat nasional di OSN 2024, para siswa Pontianak yang mewakili Kalimantan Barat dapat mempersembahkan hasil terbaik," kata dia.

Ia berharap pencapaian ini dapat bermanfaat dan menjadi semangat dan inspirasi bagi seluruh siswa dan siswi di Kota Pontianak untuk terus memberikan yang terbaik dan menjadi yang terbaik.





"Ucapan terima kasih tak lupa kami sampaikan kepada seluruh pendidik dan kepala sekolah atas dedikasinya dalam membimbing pada siswa. Pencapaian ini menunjukkan bahwa upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Pontianak telah membuahkan hasil yang membanggakan di tingkat nasional," ucap dia.

Keberhasilan dalam OSN tingkat SD lainnya juga disabet, yakni dua medali perunggu bidang matematika oleh Jeffin Alexander dari SD Plus Gembala Baik dan Nixon Yeo dari SD Kristen Immanuel.

Sedangkan di tingkat SMP, Calvin Clain dari SMP Kristen Immanuel berhasil menggondol medali perunggu di bidang IPA dan Dehes Tahasak Garang dari SMP Kristen Immanuel juga meraih medali perunggu bidang matematika.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024