Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat mengatakan jika pihaknya mendapat penilaian mumpuni selama triwulan dua oleh Tim Evaluator Itjen Kemendagri dalam aspek penanganan kemiskinan ekstrem.
 
"Dalam waktu yang diberikan untuk pemaparan, kami menyampaikan berbagai capaian, terutama dalam penanganan isu-isu yang berpengaruh langsung terhadap kesejahteraan masyarakat," ujar Pj Bupati Kubu Raya Sy Kamaruzaman di Sungai Raya, Selasa.
 
Kamaruzaman mengatakan bahwa selama pemaparan dalam evaluasi tersebut seluruh evaluator mengapresiasi data dan progres capaian yang telah diraih oleh Kubu Raya.
 
Angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Kubu Raya, mengalami penurunan dari 4,23 persen menjadi 4,08 persen berkat sinergi semua elemen. Penurunan kemiskinan ekstrem tersebut dikatakannya menjadi yang terendah di Kalbar, mengingat jumlah penduduk Kubu Raya yang jumlahnya tergolong banyak.
 
Capaian ini berhasil berkat kerja keras, perhatian, dan dukungan dari semua elemen masyarakat. Semuanya bergerak sehingga angka kemiskinan di Kubu Raya menurun.
 
Lebih lanjut, Kamaruzaman menyampaikan selain penanganan dalam aspek kemiskinan ekstrem, pihaknya juga mendapat apresiasi terkait dengan penanganan inflasi, stunting, pengangguran, serta pengelolaan anggaran yang efektif.
 
Menurutnya, apresiasi ini menunjukkan bahwa Pemkab Kubu Raya telah bekerja sesuai dengan ketentuan dan mampu memberikan dampak luas yang positif bagi masyarakat.
 
"Tidak ada catatan kritis dari Tim Evaluator Kemendagri. Sebaliknya, tim memberikan sejumlah masukan yang konstruktif untuk lebih meningkatkan capaian kinerja Pemkab Kubu Raya di masa mendatang," ujarnya.
 
Ia mengatakan dengan evaluasi ini, Pemkab Kubu Raya semakin percaya diri untuk melanjutkan berbagai program prioritas yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024