Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrenasda) Kota Pontianak, Kalimantan Barat Anita mengatakan perhelatan Pameran Kriyanusa 2024 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 28 Agustus - 1 September 2024 menjadi ajang pelestarian dan promosi budaya Pontianak.   

"Kota Pontianak alhamdulillah berpartisipasi di Pameran Kriyanusa 2024. Sebagaimana tema kegiatan ini untuk melestarikan seni kerajinan tradisional Indonesia termasuk di Kota Pontianak," ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Kamis.  

Ia menjelaskan dalam Pameran Kriyanusa 2024 stan Kota Pontianak menampilkan berbagai kerajinan khas daerah. Anita juga menekankan pentingnya pameran ini sebagai sarana untuk memperluas pasar dan mempromosikan produk lokal.  

“Saya sangat gembira bisa hadir dan berhasil membuka stan. Produk-produk kerajinan dari Pontianak sangat luar biasa, menunjukkan kreativitas dan kualitas yang tinggi. Ke depan, saya optimis UMKM Pontianak akan terus maju. Kami akan terus mendorong inovasi dan berkomitmen untuk mendukung serta memfasilitasi agar UMKM Pontianak semakin unggul,” kata dia.   

Menurut Anita, acara ini bukan hanya untuk mendukung para UMKM dan perajin lokal, tetapi juga menjadi kesempatan emas untuk memamerkan produk-produk kebanggaan Kota Pontianak, seperti batik dan kerajinan lainnya.

“Semoga kegiatan ini membawa dampak positif yang besar bagi kemajuan UMKM di Pontianak,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Dekranasda RI Wury Ma’ruf Amin menyampaikan, Pameran Kriyanusa 2024 mencerminkan komitmen untuk melestarikan tradisi dan warisan leluhur kepada generasi muda.

Ia menyampaikan, Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan dari berbagai daerah yang diwariskan dari generasi ke generasi ini tidak hanya menampilkan keindahan, tetapi juga identitas bangsa. Oleh karena itu, peran generasi muda sangat penting dalam menjaga dan melestarikan budaya.

“Semakin banyak perajin muda yang menggali dan memahami kerajinan tradisional, mereka akan menjadi pionir dalam membawa Indonesia ke panggung dunia dengan cara-cara yang inovatif,” kata dia.

Ketua Pelaksana Pameran Kriyanusa 2024 Yanti Isfandiary Airlangga Hartarto menyebutkan dalam pameran diikuti oleh 444 stan. Peserta pameran terdiri dari Dekranasda provinsi, kabupaten, kota, kementerian, lembaga, yayasan dan individu hingga perajin muda dari seluruh Indonesia.   

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024