Minggu, 22 Oktober 2017

Pelni Siap Layani Arus Mudik Lebaran

id lebaran 2014, Pelni, pelni Siap Layani Arus Mudik Lebaran
Pelni Siap Layani Arus Mudik Lebaran
KM Kelimutu, salah satu kapal milik Pelni. (FOTO ANTARA)
Jakarta (Antara Kalbar) - PT Pelayaran Nasional Indonesia siap melayani arus mudik Lebaran 2014 dan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk kelancaran operasional arus mudik tersebut.

"Kami telah menyiapkan 25 kapal penumpang dengan total kapasitas 45.077 kursi penumpang," kata Direktur Utama PT Pelni Sulistyo Wimbo Hardjito di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, seluruh armada kapal disiagakan sehingga tidak ada yang akan "docking" pada masa lebaran yang disiapkan untuk periode mudik dari 13 Juli--13 Agustus 2014.

Ia memperkirakan bahwa akan terjadi kenaikan jumlah pemudik yang memakai jasa layanan Pelni sebesar tiga persen hingga menjadi 729.520 penumpang pada 2014 sehingga dinilai juga akan meningkatkan pendapatan.

Pelni, lanjutnya, juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) agar dapat meningkatkan pelayanan terminal penumpang dalam berbagai pelabuhan yang dikelola oleh BUMN tersebut.

Masyarakat juga dapat memperoleh informasi terkait mudik dengan Pelni itu antara lain dengan menghubungi call center atau nomor Posko Pelni Pusat atau mencari informasi di situs resmi Pelni (www.pelni.co.id).

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menyatakan pendaftaran untuk mengikuti program mudik gratis dengan kapal laut akan dimulai di Kantor Kemenhub pada periode 1--16 Juli 2014.

"Pendaftarannya dimulai 1-16 Juli 2014 dengan membawa beberapa berkas sebagai persyaratan bagi masyarakat yang akan mengikuti mudik dengan kapal laut," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata.

Barata memaparkan kapal laut memiliki kapasitas angkut hingga 12.000 sepeda motor baik untuk keberangkatan maupun kepulangan pemudik.

Menurut Barata, masyarakat yang akan mudik gratis dengan kapal laut memperoleh tiga tiket pergi-pulang, yakni untuk suami, istri dan anak di bawah 12 tahun per sepeda motornya, atau untuk dua dewasa dan satu anak. "Mudik dengan kapal laut, selain sepeda motornya, pemiliknya juga bisa turut serta. Mereka juga akan difasilitasi tempat tidur selama di atas kapal untuk dua orang per sepeda motor dan gratis dua kali makan dalam satu trip perjalanan," ujarnya.

Untuk keberangkatan mudik, lanjutnya, masyarakat bisa menyesuaikan waktu sesuai keinginan, yakni dari Tanjung Priok pada 24 atau 26 Juli dan dari Tanjung Mas berangkat pada 2 atau 4 Agustus 2014.

Ketentuan yang harus dilengkapi, menurut Barata, diantaranya masyarakat harus membawa motor atas nama sendiri yang sah, fotokopi STNK, SIM, KTP dan fotokopi KK bila sudah memiliki anak sebagai tanda keabsahannya. Sedangkan untuk informasi lebih lanjut terkait mudik gratis dengan kapal laut ini juga bisa diakses melalui website mudikgratislebaran2014@dephub.go.id.

(M040/N. Yuliastuti)

Editor: Nurul Hayat

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Baca Juga

Generated in 0.0063 seconds memory usage: 0.45 MB