Presiden Resmikan Patung Pahlawan Leimena

Prasasti peresmian dengan latar belakang patung Pahlawan Nasional dr Johannes Leimena, yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Ambon, Maluku, Sabtu (9/6). (FOTO ANTARA/Embong Salampessy)

Berita Terkait
Ambon (ANTARA Kalbar) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan patung dan rumah pahlawan nasional Johanis Leimena di Ambon, Sabtu pagi.

Peresmian patung dan rumah pahlawan nasional itu semula dijadwalkan pada Jumat (8/6), namun karena kedatangan Presiden Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono terlambat akibat cuaca buruk, maka pelaksanaan peresmian pada Sabtu pagi.

Usai peresmian patung dan rumah mantan Wakil Perdana Menteri jaman Presiden Soekarno tersebut, Presiden dan rombongan dijadwalkan bertolak menuju Bali untuk kunjungan kerja hingga Senin (11/6).

Pahlawan nasional yang semasa hidup biasa disapa dengan Om Jo itu, patungnya dibangun di pertigaan kawasan Poka, Kecamatan Teluk Dalam, sedangkan rumah di desa kelahirannya yakni Ema, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Patung Om Jo setinggi lima meter yang dikerjakan seorang dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) telah dipasang di monumen pada 24 April 2012.

Patung dari perunggu itu setelah melalui tahapan rupa akhir dikirim dengan kontainer dari Pati, Jawa Tengah.

Penghargaan lainnya yang diberikan Pemprov Maluku untuk jasa Om Jo adalah membangun rumah di Desa Ema untuk dihuni cucu Om Jo yakni Emma Esterlina Leimena (56).

Peresmian patung maupun rumah Om Jo dihadiri sejumlah anak maupun cucunya. Salah seorang anak perempuan Om Jo yakin Meilani Suharli Leimena saat ini memangku jabatan Wakil Ketua MPR berasal dari Partai Demokrat.

(P008)

Editor: Zaenal Abidin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar