Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, menggelar lomba menciptakan teknologi tepat guna (TTG) guna mendukung pengembangan dan pendayagunaan sumber daya alam di kota itu.

"Lomba tersebut kami gelar untuk memotivasi masyarakat dalam meningkatkan kreativitas dan produktivitas terutama dalam kaitannya menciptakan karya alat-alat TTG," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (BPMPAKB) Kota Pontianak Dharmanelly, Rabu.

Ia menjelaskan, pendaftaran untuk lomba menciptakan TTG tersebut mulai dibuka sejak 11 Juni hingga 11 Juli 2012 dan terbuka untuk seluruh masyarakat Kota Pontianak.

Penilaian akan dilaksanakan pada 16 Juli 2012. "Untuk pendaftaran kami tidak memungut biaya sepeserpun," ujarnya.

Tema lomba cipta karya TTG tersebut "pemanfaatan teknologi tepat guna secara optimal akan meningkatkan kreativitas dan produktivitas masyarakat.

Menurut Dharmanelly, tujuan digelarnya lomba tersebut untuk membangun dan memadukan persepsi terhadap lomba cipta karya TTG dan mendorong meningkatkan kepedulian terhadap pemanfaatan teknologi yang dimiliki daerah.

"Bagi peserta yang berhasil meraih juara pertama akan diikutsertakan pada gelar lomba TTG tingkat nasional di Batam," ujarnya.

Dharmanelly berharap, dari lomba cipta karya TTG tersebut masyarakat mampu berinovasi menciptakan alat-alat TTG sehingga tercipta peluang dan kesempatan kerja bagi masyarakat di Pontianak dan umumnya di Indonesia.

Persyaratan untuk mengikuti lomba cipta karya TTG tersebut, yakni peserta dari institusi atau perorangan, dengan ketentuan setiap peserta diwajibkan membuat alat TTG.

Bagi masyarakat Kota Pontianak yang berminat mengikuti lomba tersebut bisa mendaftarkan diri ke Kantor BPMPAKB Kota Pontianak, Jalan Rahadi Oesman komplek Kantor Wali Kota Pontianak atau dapat juga mendaftar di kantor camat se-Kota Pontianak, katanya.
(A057)

Pewarta:

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012