Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui Dinas Perhubungan, Telekomunikasi dan Informasi setempat mengimbau pengusaha angkutan yang ada di daerah itu memperhatikan kondisi armada yang digunakan untuk mengangkut penumpang mudik selama Lebaran.

"Lebaran tidak bisa terlepas dari arus mudik dan arus balik. Di Kapuas transportasi bus masih menjadi andalan masyarakat. Untuk itu kita harapkan kepada para pengusaha angkutan untuk bisa mengecek kelengkapan keselamatan kendaraannya, sebelum digunakan untuk mengangkut penumpang," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kapuas Hulu, Sungkalang, Rabu.

Dia menyatakan, sampai saat ini memang belum ada kendala pokok mengenai transportasi darat. Namun, pihaknya berharap sampai mendekati lebaran dan arus balik tetap lancar, karena kondisi jalan pun saat ini cukup bagus.

Pengusaha bus, lanjut Sungkalang, mesti menekankan keselamatan para penumpang. Boleh mengejar target, tapi perlu diingat yang dibawa adalah orang.

"Tidak hanya menjelang lebaran, ini juga berlaku pada saat hari lainnya. Ini perlu diwaspadai sopir, karena keselamatan penumpang adalah segalanya," tuturnya.

Dia menyarankan, sebelum jalan, harap sopir mengecek lagi kendaraannya. Pastikan kondisi bis dalam keadaan baik.

"Memang diakui kondisi bis banyak yang sudah tua, namun masih layak jalan. Kalau ada permasalahan ada mengenai transportasi, kita akan koordinasi dengan pengusaha bis," katanya.

Imbauan itu pun berlaku untuk sopir taksi, agar memperhatikan keselamatan penumpang dan kelengkapan kendaraannya. Karena taksi pun saat ini banyak digunakan masyarakat.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012