Pontianak (ANTARA Kalbar) - Sebanyak 397 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta Provinsi Kalimantan Barat, siap bertanding pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina tahun 2012, kata Panitia OSN Pertamina Kalbar Dadan Kusnandar.

"Hingga saat ini sudah sebanyak 397 mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti OSN Pertamina 2012 pada 8 Oktober di Universitas Tanjungpura Pontianak itu," kata Dadan Kusnandar yang juga Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Untan Pontianak, Selasa.

Dadan menjelaskan, sebanyak 397 mahasiswa itu akan mengikuti OSN Pertamina yang akan memperlombakan empat cabang, yakni Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi dan Science Project.

Pendaftaran OSN Pertamina 2012 mulai dibuka tanggal 23 Juli hingga 15 September, kemudian masa pengiriman berkas proposal science project tanggal 1 hingga 20 September, penentuan poster terfavorit tanggal 25 September, seleksi lokal (teori) 25 September, seleksi proposal 26 -30 September, pengumuman hasil seleksi (teori dan proposal) tanggal 1 Oktober, seleksi regional (presentasi finalis proposal) 8 Oktober, seleksi final tingkat provinsi (teori) tanggal 8 Oktober, dan untuk seleksi tingkat nasional (teori dan sciensi project) tanggal 16 hingga 29 November 2012, kata Dadan.

"Peluang bagi mahasiswa yang berminat untuk mengikuti perlombaan OSN Pertamina 2012 masih ada, karena pendaftaran baru akan ditutup tanggal 15 September atau masih enam hari lagi," ujarnya.

Dekan Fakultas MIPA Pontianak menambahkan, pada OSN Pertamina 2011 Kalbar berada di peringkat sembilan besar tingkat nasional. "Mudah-mudahan OSN Pertamina 2012, paling tidak masuk sepuluh besar lagi, dan bisa juara satu kalau memang memungkinkan," katanya.

Menurut dia, untuk meraih peringkat satu nasional memang peluangnya kecil, karena harus bersaing dengan perguruan tinggi yang cukup besar di Pulau Jawa. "Apalagi sebagian besar anak-anak kita yang punya prestasi satu hingga sepuluh besar kebanyakan melanjutkan kuliahnya di Pulau Jawa, sehingga Untan Pontianak hanya menerima sisa dari itu," kata Dadan.

Sementara itu, Humas PT Pertamina Wilayah Kalbar Ramos Himawan menyatakan, tujuan diadakannya OSN Pertamina guna mencari generasi-generasi yang cerdas dan bisa menyumbangkan hassil karyanya dalam mencari energi alternatif selain gas dan bumi.

"Tema OSN Pertamina tahun 2012, yakni mencetak generasi berprestasi, sebagai sobat bumi," ujar Ramos.

Bagi mahasiswa yang juara satu tingkat provinsi akan mewakili provinsinya pada OSN Pertamina tingkat nasional tanggal 16 hingga 29 November, katanya.

(A057)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012