Sungai Raya, Kalbar (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan terus meningkatkan pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah bagi seluruh masyarakat Kubu Raya yang kurang mampu.

"Untuk pemegang kartu peserta Jamkesda akan terus kita tingkatkan pada tahun 2013. Untuk saat ini, sudah ada 15.666 warga tidak mampu di seluruh Kabupaten Kubu Raya telah mendapatkan layanan Jamkesda," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Titus Nursiwan di Sungai Raya, Jumat.

Menurut Titus, berdasarkan anggaran yang telah dianggarkan pada 2013 layanan pengguna Jamkesda bagi warga tidak mampu akan ditingkatkan. Meski belum diketahui berapa anggaran dan berapa total peningkatan warga yang akan mendapatkan layanan Jamkesda.

Terkait masih adanya warga tidak mampu yang tidak mendapatkan layanan Jamkesda, Titus menjelaskan jika kondisi tersebut pada dasarnya lebih diketahui oleh Pemerintah Desa. Karena warga yang mendapatkan Jamkesda berdasarkan data yang telah diusulkan Pemdes dan BPS.

"Jamkesda diperuntukan bagi warga tidak mampu, jadi merekalah yang harus mendapatkan layanan itu," katanya.

Masih adanya warga tidak mampu yang belum mendapatkan Jamkesda, lanjut Titus maka pihaknya sangat berharap masyarakat dapat berperan aktif untuk mengusulkan. Namun demikian masyarakat harus memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan surat keterangan miskin.

Dia berharap kepada Pemerintah Desa di seluruh Kabupaten Kubu Raya dapat melakukan pendataan sebenar-benarnya kepada warganya yang tidak mampu. Sehingga warga tidak mampu yang saat ini belum mendapatkan layanan Jamkesda, pada 2013 nanti mendapatkan layanan Jamkesda.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012