Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Prestasi Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT) Kubu Raya masuk nominasi lima besar terbaik se-Indonesia merupakan wujud keberpihakan pelayanan kepada publik, kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan.

"Penghargaan ini membuktikan telah terjadi perubahan pola pikir. Di sini, ada kemauan bekerja keras, cerdas, fokus dan masif sehingga kualitas pelayanan publik terutama perizinan terus mendapatkan kepercayaan masyarakat luas," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Senin.

Muda mengapresiasi prestasi tersebut karena tidaklah mudah tanpa adanya kemauan melakukan perubahan pola pikir dan pola kerja.

"Membuat pelayanan satu pintu tidaklah mudah karena puluhan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) menjadi satu dalam pelayanan perizinannya, dan tentu kala itu masih ada ego-ego sektoral. Namun, dalam dua tahun terakhir ini, semua bisa terintegrasi dan sinergis sehingga cita-cita mempermudah, mempermurah, memperdekat dan mempercepat proses pelayanan publik terutama perizinan bisa terwujud, buktinya, masuk nominasi lima besar," tuturnya.

Namun yang terpenting, kata Muda, prestasi lima besar nasional berbanding linear dengan indeks kepuasan masyarakat, kualitas pelayanan maupun inovasi maupun kreatifitas.

"Penghargaan ini juga berbanding linear dengan dampak langsung kepada masyarakat seperti meningkatnya PDRB (pendapatan daerah regional bruto), terbukanya lapangan pekerjaan, terus terbangun dan terbukanya kewirausahaan," katanya.

ia juga mengatakan dampak positif lainnya terjadi pertumbuhan pemukiman perumahan dan pertokoan, pusat-pusat ekonomi baru, kegiatan perekonomian masyarakat hidup sampai ke pelosok desa mengingat usaha-usaha mikro tumbuh dan dilayani perizinannya sehingga mendapatkan kepercayaan konsumen dan pihak perbankan," kata Muda.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012