Moskow, 7/1 (ANTARA/RIA Novosti-OANA) - Pemeluk Kristen Ortodoks Rusia memadati gereja pada Senin guna menghadiri upacara perayaan Natal, 7 januari, termasuk sekitar 6.000 orang yang hadir di Katedral Kristus Sang Penyelamat di Moskow.

Kepala Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill, mengajak jemaat misa untuk mengikuti jejak kasih "Sang Penyelamat" dan selalu memikirkan sesama, Tanah Air dan Gereja.

Perdana Menteri Rusia, Dmitry Medvedev, menghadiri Liturgi Ilahi di katedral tersebut bersama istrinya. Dia juga menyempatkan untuk saling mengucapkan selamat Natal dengan Patriark.

Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri upacara Natal di desa Lesnoye, kota Sochi, yang terletak di dekat Laut Hitam.

Upacara Natal tersebut akan berlangsung hingga Senin malam dan para pemimpin gereja akan menyampaikan khotbahnya setelah Kebaktian Akbar yang akan dimulai pada pukul 16.00 waktu Moskow (19.00 WIB).

Sejumlah gereja seperti di Rusia, Jerusalem, Serbia, dan Georgia serta sebagian umat Katolik dan Protestan merayakan Natal pada 7 Januari berdasarkan kalender Julian, sementara Katolik Roma, kaum Lutherian, Anglikan dan sebagian gereja lainnya merayakan Natal pada 25 Desember.

(Uu.P012)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013