Pontianak (Antara Kalbar) - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, Sabtu pagi, melepas ratusan peserta Tour d`Khatulistiwa, dari Pontianak menuju Kota Singkawang dengan jarak sekitar 153 kilometer dalam rangka memeriahkan Perayaan Cap Go Meh 2013.

Dalam sambutannya saat melepas ratusan peserta di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Agung Laksono berpesan, para peserta Tour d`Khatulistiwa untuk sama-sama menjaga disiplin sepanjang perjalanan sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di sepanjang jalan yang dilalui.

Peserta Tour d`Khatulistiwa berasal dari pebalap lokal, nasional dan Malaysia. Selain itu peserta juga berasal dari beragam komunitas, baik yang sudah atau belum mengikuti Pontianak City Road Race sehari sebelumnya di Kota Pontianak.

"Berusahalah semaksimal mungkin agar menjadi juara, dengan lebih mengutamakan keselamatan," ujar Agung.

Dalam kesempatan itu, Menko Kesra berharap para petugas kepolisian untuk menjaga keamanan para peserta Tour d`Khatulistiwa, semoga selamat sampai tujuan, sehingga besok, Minggu (24/2) bisa menyaksikan kemeriahan Cap Go Meh di Kota Singkawang.

Sementara itu, Sesmenko Kesra Sugi Hartatmo menyatakan, peserta Tour d`Khatulistiwa akan menempuh perjalanan dari Kota Pontianak-Singkawang sekitar 153 kilometer, dengan dua kali istirahat, pertama istirahat di Peniti, Kabupaten Pontianak, dan kedua di Sungai Duri, Kabupaten Bengkayang.

"Pada setiap tempat istirahat atau pemberhentian, akan diikuti dengan kegiatan bakti sosial pada masyarakat setempat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sugi menyatakan, ide Tour d`Khatulistiwa dan Pontianak City Road Race, awalnya dari Menko Kesra Agung Laksono, kemudian ide tersebut disambut baik oleh pemerintah daerah dan berbagai pihak, sehingga terselenggaralah event besar ini.

"Dua event besar ini terselenggara dengan baik, berkat kerja sama yang baik semua pihak, semoga dengan suksesnya ini, maka di tahun-tahun mendatang akan diselenggarakan lebih meriah dan lebih baik lagi," ujar Sugi.

(U.A057Z004)

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013