Seattle (Antara Kalbar/Reuters) - Satu pesawat militer AS yang bertugas di Stasiun Divisi Udara Angkatan Laut Negara Bagian Washington di Whidbey Island mengalami kecelakaan pada Senin pagi (11/3) selama penerbangan pelatihan rutin.

Semua tiga awak pesawat tersebut tewas, kata beberapa pejabat Angkatan Laut.

Pesawat itu, Norhtrop Grumman EA-6B Prowler, adalah pesawat terbang elektronik dua-mesin, jatuh sebelum pukul 08.45 waktu setempat di Lincoln County di Negara Bagian Washington timur, kata Juru Bicara pangkalan tersebut Mike Welding.

"Pesawat itu sedang terbang. Saya tidak tahu secara pasti apa yang terjadi," kata Welding sebagaimana dikutip Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa. "Semuanya benar-benar masih tahap awal pada saat ini."

Angkatan Laut mengatakan personelnya sedang menyelidiki kecelakaan tersebut di daerah pedesaan sekitar 50 mil di sebelah timur Spokane, tempat awak sedang melakukan penerbangan pelatihan rutin.

Pangkalan tempat pesawat tersebut berpusat berada di Whidbey Island di Puget Sound, sebelah utara Seattle. Pesawat itu jatuh sekitar 10 mil dari Harrington.

Angkatan Laut menahan nama prajurit yang tewas sampai keluarga mereka diberitahu.

Penggunaan utama pesawat Northrop Grumman EA-6B Prowler ialah untuk mendukung tentara darat dan udara dengan mengganggu komunikasi dan memperoleh informasi intelijen elektronik taktis di dalam daerah pertempuran, kata pembuat pesawat itu.

Stan Dammel, Manager satu bandar udara lokal yang memeriksa lokasi kecelakaan dari pesawatnya sendiri, mengatakan ia melihat jalur dalam yang tertoreh di tanah dan puing yang bertebaran.

"Kelihatannya itu seperti ledakan," kata Dammel.

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013