Xi'an, China (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Xi'ian, Provinsi Shaanxi, China, menawarkan kerja sama pariwisata kepada Indonesia untuk mempererat hubungan baik antara Indonesia dan China.

"Banyak peluang kerja sama yang dapat dilakukan antara Indonesia dan Kota Xi'an, China, salah satunya pariwisata," kata Sekretaris Partai Komunis China Xi'an Wei Minzhu saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan, Sabtu.

Ia mengungkapkan pada 2011 jumlah kunjungan wistawan asing ke Xi'an mencapai satu juta orang.

"Xi'an merupakan kota yang kaya akan daerah tujuan wisata yang menarik. Dengan sejarah yang panjang, dan kebudayaan yang beragam, Xi'an menjadi salah satu daerah tujuan wisata di China yang layak untuk dikunjungi," ujar Wei Minzhu.

Ia menambahkan, Indonesia juga memiliki bayak daerah tujuan wisata yang menarik, seperti halnya Bali. Indonesia juga memiliki kekayaan dan keindahan alam yang melimpah.  Karena itu, Xi'an dan Indonesia memiliki peluang untuk melakukan kerja sama di bidang pariwisata.

Pada kesempatan itu, Wei Minzhu juga mengatakan  sebagai salah satu kota hub industri di China,  Pemkot Xi'an juga mengundang para pengusaha Indonesia untuk menanamkan investasinya di berbagai bidang selain pariwisata.

"Xi'an memiliki berbagai peluang investasi bagi para calon penanam modal dari mancanegara termasuk dari Indonesia, seperti manufaktur, dan elektronik serta lainnya," katanya.

Menanggapi itu Duta Besar RI Imron Cotan mengatakan Indonesia telah lama menjadikan Xi'an sebagai salah satu obyek penelitian sejarah tentang China, sejak zaman dulu hingga kini.

"Perkembangan Xi'an luar biasa, dan diharapkan kerja sama yang baik dan semakin luas dapat dilakukan oleh kedua pihak, baik di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata," katanya.

Imron mengatakan dengan sejarah yang begitu panjang yang dimiliki Xi'an, bahkan selama 1100 tahun "mengendalikan" China, banyak hal yang dapat dipelajari oleh Indonesia dan banyak pula peluang kerja sama yang dapat dilakukan dua pihak, termasuk pariwisata.

Secara umum, jumlah kunjungan wisatawan China ke Indonesia mencapai 850 ribu orang atau naik 14 persen dari 2011, dan pada 2013 ditargetkan jumlah kunjungan turis China ke Indonesia mencapai satu juta orang.

Pewarta: Rini Utami

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013