Sungai Raya (Antara Kalbar) - Tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat yang terletak di Rasau Jaya yang luasnya 2.4 hektare, kini mendapat perluasan lahan satu hektare.

"Sejak tahun 2013 lalu kita sudah mendapatkan perluasan lahan sebanyak satu hektare. Namun belum kita realisasikan lahan tersebut karena terkendala infrastruktur yang belum memadai," kata Kabid Kebersihan Kabupaten Kubu Raya, Sugiarto di Sungai Raya, Jumat.

Ia mengatakan, untuk ketinggian sampah yang ada di TPA Rasau Jaya saat ini sudah mencapai empat hingga lima meter.

"Untuk itulah kita secepat mungkin melakukan perluasan lahan yang sudah diberikan oleh DPRD dan Pemkab Kubu Raya pada tahun 2013 lalu. Lahan 1 hektare yang telah disediakan oleh Pemerintah Kubu Raya itu tepat bersebelahan dengan lokasi TPA yang ada saat ini," tuturnya.

Ia pun meminta kepada instansi terkait agar dapat memenuhi infrastruktur untuk keluar masuk jalan di lokasi lahan satu hektare itu.

"Jika infrastruktur tidak memadai juga, maka itu akan tetap menjadi kendala utama bagi kita dalam mengatasi masalah sampah ini. Karena tanpa adanya infrastruktur yang memadai kita tidak bisa bekerja secara optimal dalam mengatasi persoalan sampah saat ini," katanya.

Namun, dinas Kebersihan Kubu Raya, pada tahun 2014 ini, kata dia mendapat angin segar. Pasalnya pemerintah Kubu Raya segera mungkin melakukan pembangunan jalan untuk keluar masuknya dam truk maupun ambrol yang ada.

Selain itu ia pun juga menyebutkan, jumlah armada yang dimiliki pihaknya saat ini baru 6 unit. Namun dua armada yang ada kondisinya tinggal 50 persen lagi.

"Untuk penambahan pada tahun 2013 lalu tidak ada, namun pada tahun 2014 ini kita ada mengajukan penambahan dua armada untuk jasa pengangkutan sampah-sampah yang ada di Kubu Raya ini. Bila mana dua armada itu dapat terealisasikan, maka ke depannya kita akan mengusulkan kembali sebanyak 10 armada," kata Sugiarto.***3***

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014