Ketapang (Antara Kalbar) - Kepolisian Resor Ketapang mengerahkan sebanyak 96 polisi bersenjata laras panjang untuk mengawal distribusi surat suara Pemilu Legislatif 2014 di enam kecamatan terpencil di kabupaten ini.

"Pengawal untuk menjaga agar surat suara sampai di tempat tujuan dengan aman dan lancar," kata Wakil Kepala Polres Ketapang Komisaris (Pol) Puji Prayitno di Ketapang, Rabu.

Ia menjelaskan, setiap kendaraan pengangkut surat suara masing-masing dikawal satu anggota polisi yang dilengkapi senjata laras panjang.

"Pengamanan ini sudah sesuai prosedur dalam tugas kami untuk menjaga dan mengawal tahapan demi tahapan Pemilu 2014," katanya.

Wakapolres menambahkan, secara keseluruhan pihaknya mengerahkan sebanyak 779 personel polisi dan ditambah bantuan dari Brimob Kepolisian Daerah Kalbar sebanyak 90 personel.

"Hingga saat ini tahapan Pileg di Ketapang berjalan lancar dan aman," kata Puji.

Sementara itu, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang Kartono Nuryadi menyatakan pihaknya mulai H-7 sudah mendistribusikan surat suara untuk daerah atau kecamatan terpencil di kabupaten itu.

"Mulai hari ini kami mendistribusikan surat suara untuk enam kecamatan terjauh dari 20 kecamatan di Ketapang," katanya.

Ia menjelaskan, keenam kecamatan itu diantarana Kecamatan Hulu Sungai, Kendawangan, Manis Mata, Tumbang Titi, Simpang Hulu, dan Kecamatan Sungai Laor.

"Distribusi surat suara itu menggunakan kendaraan truk dari Kota Ketapang menuju keenam kecamatan itu yang dikawal oleh aparat kepolisian yang dipersenjatai lengkap," ujarnya.

Setelah sampai di tingkat kecamatan, kemudian dilanjutkan distribusi dari kecamatan ke desa-desa yang menggunakan kendaraan sepada motor, dan ada juga yang menggunakan angkutan air, kata Kartono.

"Butuh satu hari untuk pengangkutan surat suara itu, dari Kota Ketapang ke kecamatan-kecamatan, kami optimistis H-1 surat suara sudah ada di TPS," ungkapnya.

Data KPU Ketapang mencatat Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014 Kabupaten Ketapang sebanyak 343.251 pemilih dan 1.130 tempat pemungutan suara yang tersebar di 20 kecamatan.

Sementara itu ada sebanyak 500 calon legislatif dari 12 parpol yang akan memperebutkan 45 kursi di DPRD Ketapang pada Pemilu Legislatif 2014.


Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014