Sekadau (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau telah usai melaksanakan pleno rekapitulasi suara. Pleno KPU sendiri berlangsung lebih kurang satu hari penuh, mulai Senin (21/4) pukul 10.00 WIB hingga selesai Selasa  (22/4) dinihari.

KPU sendiri belum menentukan perolehan kursi, meski sudah melakukan penghitungan suara. Namun, dari hasil pleno tersebut, perolehan kursi di DPRD Kabupaten Sekadau sedikit banyak sudah tergambar.

Prediksi berbagai kalangan bahwa partai-partai besar masih akan melenggang mulus, hal itu memang berlaku dalam Pilleg di Sekadau. PDI Perjuangan tetap melaju kencang dengan perolehan enam kursi DPRD Sekadau. Masing-masing dua kursi dari setiap daerah pemilihan di kabupaten sekadau yang dibagi menjafi tiga

PDI P diyakini bakal menjadi penguasa di parlemen. Tampuk kepemimpinan DPRD Sekadau sepertinya masih akan dipegang politisi partai bernomor urut 4 itu.

Menguntit di belakang partai moncong putih itu, ada partai Demokrat sukses mengamankan empat kursi dengan perolehan dua kursi dari Dapil II, satu kursi dari Dapil I, dan satu kursi Dapil III.

Namun, Demokrat sepertinya belum mampu memenuhi target yang sempat diproklamirkan ketua DPC partai Demokrat Sekadau, Simon Petrus yang memproyeksikan perolehan minimal lima

Sedayung dengan Demokrat, partai Gerindra juga sukses mendulang empat kursi DPRD Sekadau. Skornya pun identik dengan Demokrat yakni dua kursi dari Dapil II, satu kursi dari Dapil I, dan satu kursi dari Dapil III.

Sementara itu, Anggota KPU Sekadau, Marselus Daniar mengatakan jika PDI P 6 kursi, Demokrat dan Gerindra masing-masing 4 kursi.

"Data perolehan yang pasti tiga partai itu yang saya ingat, data yang pasti hasil pleno kita sudah dibawa duluan, sekarang saya dan yang lain dalam perjalanan ke Pontianak mau pleno tingkat propinsi lagi besok," ungkap Anggota KPU Sekadau, Marselus Daniar.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014