Sekadau (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Badan Lingkungan Hidup dan Pertamanan telah membangun taman keanekaragaman hayati (Kehati) yang terletak di komplek Pemkab Sekadau, tepatnya di belakang kantor Badan LH dan Pertamanan.

"Taman Kehati merupakan kawasan yang diisi dengan aneka tanaman lokal Kabupaten Sekadau yang saat ini sudah mulai jarang ditemui seperti pohon tengkawang, durian, dan sebagainya. Selain itu, taman Kehati juga dikelilingi kolam-kolam ikan. Juga terdapat beberapa bangunan saung sebagai tempat bersantai. Taman tersebut rencananya diperuntukkan sebagai lokasi wisata," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Pertamanan Kabupaten Sekadau, Yoseph Yustinus di Sekadau, Jumat (6/6).

Dia mengatakan, taman Kehati untuk sementara ini belum akan dibuka. Pasalnya, ada beberapa instrumen yang masih harus dibangun.

"Tahun ini akan dibangun infrastruktur jalan. Karena, jalan kesana belum representatif, kalau hujan becek. Tahun ini akan dilaksanakan pekerjaan pembangunan jalannya," katanya.

Menurut dia, taman Kehati diproyeksikan untuk menjadi salah satu alternatif wisata untuk masyarakat Sekadau.

"Selain itu, kawasan tersebut juga sekaligus sebagai lahan pelestarian lingkungan. Taman Kehati kira-kira ingin dibentuk menyerupai taman raya Bogor di Jawa Barat. Nanti kita akan lengkapi lagi dengan tanaman-tanaman lain selain tanaman lokal,” bebernya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014