Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat hingga kini belum membuka lamaran untuk seleksi penerimaan pegawai negeri sipil tahun 2014.

"Hari Senin nanti, kami akan rapat bersama dengan kabupaten dan kota se-Kalbar," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalbar, Kartius di Pontianak, Jumat.

Menurut dia, pertimbangannya karena belum semua kabupaten dan kota di Kalbar telah menerima formasi yang diterima.

"Baru empat daerah termasuk provinsi. Misalnya Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya," ujar dia.

Ia melanjutkan, setelah ada kepastian baru pembukaan dilakukan. Ia mengakui, sebelumnya telah rapat di Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi bersama BKD seluruh Indonesia.

Saat rapat, Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi menyatakan bagi daerah yang sudah siap dapat membuka pendaftaran.

"Tapi tidak mungkin di satu provinsi, berbeda-beda waktu pendaftarannya," kata Kartius. Semula disepakati tanggal 20 Agustus, kemudian berubah menjadi tanggal 25 Agustus. "Jadi, belum ada kepastian," katanya.

Pemprov Kalbar sendiri mendapat kuota 159 orang. Sedangkan tiap daerah berbeda-beda, ada yang di atas 100 orang, ada juga yang di bawah 100 orang.

Mengenai sistem pendaftaran, tetap melalui jalur online dengan mengakses www.panselnas.menpan.go.id.

Namun, setiap pendaftar tetap harus membawa berkas ke BKD di daerah masing-masing. "Cukup ijazah dan KTP," ujar Kartius. Tujuannya untuk memastikan kebenaran dari identitas pendaftar yang melalui online.

"Tidak ada pungutan dari pendaftaran calon PNS," katanya menegaskan.

Kementerian PAN dan RB telah mengumumkan 68 kementerian dan lembaga yang membuka formasi. Sedangkan untuk formasi Daerah terdiri atas 400 instansi, yaitu 28 Pemerintah Provinsi dan 455 Perintah Kabupaten/Kota.

Total formasi yang dibutuhkan untuk 68 K/L sebanyak 24.928 lowongan pekerjaan, sedangkan formasi di daerah sebanyak 38.824 lowongan.

Panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS 2014 melakukan penyederhanaan pendaftaran CPNS, yakni dengan pendaftaran sistem online melalui website panselnas.menpan.go.id untuk semua lulusan baik SMA, D3, S1.

Dari laman http://panselnas.menpan.go.id/ yang kemudian dilanjutkan ke laman demo https://panselnas.menpan.go.id/, panselnas.menpan.go.id, terdapat sejumlah syarat yang perlu diperhatikan.

Diantaranya, seleksi hanya dapat diikuti melalui tahap pendaftaran di portal ini di mana pendaftar wajib memiliki alamat surat elektronik yang berlaku.

Menpan juga merinci imbauan lain seperti mengisi formulir dengan cermat hingga imbauan bahwa penerimaan dilakukan tanpa dipungut biaya.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014